PTPS se-Banjarmasin Resmi Dilantik, Ini Tugasnya Saat Pilkada Nanti | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Selasa, 17 November 2020

PTPS se-Banjarmasin Resmi Dilantik, Ini Tugasnya Saat Pilkada Nanti

BERITABANJARMASIN.COM - Jelang pilkada, 1.199 anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kota Banjarmasin resmi dilantik serentak, Senin (16/11/2020).

Mereka dilantik oleh tiap-tiap Panwaslu Kecamatan (Panwascam), di lima tempat berbeda dan dihadiri masing-masing komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin.

Namun pelantikan tersebut dilakukan secara bertahap, agar tidak menimbulkan kerumunan orang banyak untuk tetap menaati protokol kesehatan.

“Dilaksanakan secara serentak,” tutur Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Komisioner Bawaslu Banjarmasin, Subhani

Para Pengawas TPS ini nantinya akan menjalani Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait tugas dan wewenang masing-masing di lapangan.

Karena seorang pengawas pemilu hukumnya wajib untuk memegang teguh soliditas yang kuat, integritas yang tinggi, mentalitas teguh dan profesionalitas.

Subhani juga menjelaskan tugas PTPS di dalam undang-undang disebutkan ada lima yaitu, mengawasi persiapan pemungutan suara, mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, mengawasi persiapan penghitungan suara.

Kemudian mengawasi pelaksanaan penghitungan suara dan Kelima mengawasi pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS Panitia Pemungutan Suara. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only