Korem 101 Antasari Peringati HUT ke-75 TNI | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Selasa, 06 Oktober 2020

Korem 101 Antasari Peringati HUT ke-75 TNI

BERITABANJARMASIN.COM- Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia atau HUT ke-75 TNI yang diperingati pada 5 Oktober 2020 mengusung tema "Sinergi untuk Negeri".

Acara diawali dengan pelaksanaan upacara virtual yang di pimpin Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara Jakarta dan diikuti seluruh anggota TNI di seluruh wilayah Indonesia salah satunya Kalimantan Selatan.

Dalam pidatonya Presiden Joko Widodo mengatakan, perjalanan panjang TNI sejak perjuangan hingga kini menunjukan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara, dimana tugas TNI yakni menjaga keutuhan wilayah NKRI berdasarkan pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

"Serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan yang mengancam keutuhan bangsa dan negara," ungkap Joko Widodo dalam pidatonya usai upacara di Istana Negara Jakarta, Senin (5/10/2020).

Selain itu, Joko Widodo menyampaikan kontribusi TNI untuk bangsa bukan hanya operasi militer untuk perang tetapi juga dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam salah satunya pandemi Covid-19.

Sementara itu, dalam sambutannya Panglima Kodam VI Mulawarman, Mayjen TNI Hari Wiranto yang dibacakan 
Danrem 101/ Antasari Brigjen TNI Firmansyah mengatakan peringatan HUT ke-75 TNI ditengah pandemi Covid-19 digelar penuh dengan hikmat yakni dengan syukuran pemotongan tumpeng.

"Ungkapan rasa syukur atas karunia dan nikmat yang diberikan Allah kepada TNI sebagai organisasi yang dipercaya rakyat untuk menjaga kedaulatan rakyat," ucapnya, Senin (5/10/2020) di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin.

Lebih lanjut, berbagai upaya dilakukan TNI untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19, seperti kegiatan donor darah, pemberian santunan, pembagian sembako dan upaya penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19.

"Tema sinergi untuk negeri artinya kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik solidaritas anatara TNI dan Polri bersama masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga, Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan yang mewakili Pemprov Kalsel mengucapkan selamat kepada TNI untuk HUT ke-75. Ia berharap TNI tetap menjadi garda terdepan dalam mempertahankan kedaulatan RI serta tetap merupakan bagian sinergi TNI, Polri dan pemerintah serta masyarakat.

"Saya atas nama pemprov kalsel dan masyarakat mengucapkan selamat ulang tahun untuk TNI RI yang ke-75," pungkasnya.(Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only