Cat Shelter Banjarmasin, Komunitas yang Merawat Kucing Terlantar, Sampai Rela Sewa Rumah | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Senin, 26 Oktober 2020

Cat Shelter Banjarmasin, Komunitas yang Merawat Kucing Terlantar, Sampai Rela Sewa Rumah

BERITABANJARMASIN.COM - Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit bagi banyak orang. Sayangnya, karena jumlah dan spesiesnya yang cukup banyak, kucing tak bertuan di Indonesia tak sedikit jumlahnya.

Bahkan tak jarang kucing-kucing liar tersebut mengalami kondisi yang memprihatinkan, seperti kondisi tubuh yang terluka, cacat, berpenyakitan dan bahkan sampai mati di jalan karena tertabrak kendaraan.

Hal ini lantas menggerakkan hati para pecinta kucing, baik itu kucing jalanan dan kucing ras, agar bisa lebih peduli lagi dengan makhluk hidup tersebut. Hingga akhirnya membentuk komunitas yang mereka namakan Cat Shelter Banjarmasin.
Komunitas yang dibentuk sejak 2017 ini, kata salah satu Volunter Cat Shelter Banjarmasin Dayat, memang berawal dari kepeduliannya akan kucing-kucing jalanan. 

"Tidak ada tempat untuk rehabilitasi jadi dibuatlah ini cat shelter banjarmasin biar semua orang tahu di banjarmasin ada sekelompok orang yang peduli terhadap kucing jalanan," ungkap Dayat kepada Beritabanjarmasin.com, Senin (26/10/2020) berlokasi di Jalan Sultan Adam, Banjarmasin.

Kucing-kucing ini ditempatkan pada sebuah kontrakan kecil dua lantai. Jumlah kucing yang ada di Cat Shelter Banjarmasin sebanyak 35 ekor dewasa dan kitten.
Untuk perawatan kucing-kucing tersebut dimandikan secara bersamaan tiap dua minggu sekali, sedangkan untuk makananya sehari mampu menghabiskan hingga 3 kilo gram.

Kucing-kucing ini juga mendapat vaksin setiap satu tahun sekali dan pengobatan rutin untuk kucing yang sakit.

Kemudian Fortuna, kucing yang mengalami gangguan syaraf akibat ditabrak motor. terlihat sangat manja jika bertemu manusia.

Dayat juga mengatakan, kucing-kucing yang ada di Cat Shelter Banjarmasin boleh diadopsi siapa saja.

"Free adopsi ada syarat barter makanan dan pasir supaya ada kepedulian untuk kucing yang di tinggal," ujarnya.

Sampai saat ini, komunitas Cat Shelter Banjarmasin memiliki 13 orang relawan."Semakin banyak cat lovers yang peduli, Banjarmasin semakin ramah dengan binatang-binatang seperti ini," tuturnya.

Mimpi besar lainnya, kata Dayat, Cat Shelter Banjarmasin bisa memiliki tempat sendiri yang nyaman bagi kucing-kucing, bisa mandiri secara finansial agar tidak mengharapkan dari donasi masyarakat.

"Muter otak, pengen supaya cat shelter mandiri supaya tidak sibuk open donasi dan lebih mandiri dalam finansial," pungkasnya.

Bagi yang ingin berdonasi untuk Cat Shelter Banjarmasin bisa langsung follow Instagramnya di @cat_shelter Banjarmasin.(Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only