Pandemi, Bisnis Ikan Cupang di Banjarmasin Bisa Bertahan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Sabtu, 12 September 2020

Pandemi, Bisnis Ikan Cupang di Banjarmasin Bisa Bertahan

BERITABANJARMASIN.COM - Ikan cupang yang dulunya dipelihara hanya sebagai hobi, kini prospek bisnisnya cukup menjanjikan.

Apalagi selama pandemi yang mengharuskan masyarakat lebih sering di rumah saja, membuat ikan cupang kini diminati dan dicari oleh masyarakat.

Seorang penjual ikan cupang yang sudah cukup lama ‘bermain’ dalam bidang ini, Irfan mengatakan bahwa selama pandemi penjualannya ikan meningkat.

"Karena ada Covid-19 banyak yang di rumah saja termasuk anak-anak yang memilih untuk memelihara ikan bahkan ada yang menernak ikan cupang," ucap pemilik Toko Faqih saat ditemui Beritabanjarmasin.com di Jalan Kampung Melayu Darat Banjarmasin, Jumat (11/9/2020).

Ikan mungil yang memiliki corak warna indah ini ternyata cukup mudah perawatan dan penanganannya.

Yakni dengan rutin mengganti air sekali sehari menggunakan air yang sudah dibiarkan semalaman untuk menghilangkan kandungan kaporit dalam air.

Selanjutnya ikan cupang cukup diberi makan satu kali saja dalam sehari. Memelihara Ikan cupang juga harus satu ikan dalam satu tempat, tidak boleh digabung.

Saking populernya ikan cupang ditambah bentuk dan warna yang beragam, ikan cupang mulai naik panggung kontes. Ikan cupang diadu dalam hal keindahan fisiknya, mulai dari kemewahan warna, bentuk sirip dan rupa ekor.

Hal ini tentu berpengaruh bagi beberapa penjual ikan cupang yang meraup keuntungan. "Keuntungan drastis selama masa pandemi mencapai 50 persen," tutur Irfan.

Harga Ikan cupang yang dijual bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu per ekornya tergantung jenis dan kualitas ikan cupang.

Hal yang sama turut dirasakan penjual ikan cupang di kawasan yang sama, yakni Melayu Aquarium yang mengalami peningkatan penjualan selama pandemi Covid-19.

"Ikan cupang cepet habis dan belinya partai," ungkap Karyawan Toko Melayu Aquarium, Syamsul.

Di Toko Melayu Aquarium juga menjual 15 jenis ikan lain seperi ikan arwana, ikan koi, yang sebagian besar didatangkan dari Jawa.(Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only