Wali Kota Apresiasi 21 Sekolah di Banjarmasin yang Jadi Sekolah Adiwiyata | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Rabu, 05 Agustus 2020

Wali Kota Apresiasi 21 Sekolah di Banjarmasin yang Jadi Sekolah Adiwiyata

BERITABANJARMASIN.COM - Pemkot Banjarmasin memberikan apresiasi kepada dua puluh satu unit sekolah lingkup Kota Banjarmasin, yang dinilai berhasil menata lingkungan sekolah.

Penghargaan Adiwiyata tahun 2020 itu diserahkan langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, dalam kegiatan resmi di Panggung Siring Balaikota Banjarmasin, Rabu (5/8/2020).

H Ibnu Sina menjelaskan, indikator agar bisa mendapatkan penghargaan Adiwiyata bagi sebuah sekolah itu intinya adalah pendisiplinan siswa dalam pengelolaaan lingkungan yang hijau serta pengelolaan sampah sekolah yang baik. 

“Jadi indikator penilaiannya itu ada kriteria terkait pengelolaan sampah, kemudian kafetaria sehat, ada kawasan hijau, ada pengelolaan halaman sekolah yang hijau, ada tempat sampah, termasuk juga edukasi bagi anak-anak didik kita,” jelasnya, saat menyampaikan sambutannya.

Penghargaan ini, katanya lagi, merupakan stimulus dengan harapan agar sekolah-sekolah lain di kota berjuluk seribu sungai ini, bias menjadikan lingkungan Barasih wan Nyaman (Baiman). 

“Stimulus ini bagian dari upaya kita untuk menjadikan sekolah sebagai salah satu pilar Kota Banjarmasin yang bersih dan nyaman atau Kota Banjarmasin Baiman. Jadi setiap tahun memang dilaksanakan pemberian penghargaan ini. Tahun ini lebih banyak yakni sekitar 21 sekolah yang mendapatkan adiwiyata. Selamat dan sukses untuk sekolah-sekolah kita,” katanya.

Ia pun berpesan kepada seluruh kepala sekolah yang ada di Kota Banjarmasin, agar terus memberikan edukasi tentang kebersihan lingkungan, terutama lingkungan sekolah dimana para siswanya. 

Harapannya, nantinya para siswa tersbet bias mennjadi generasi yang sangat peduli lingkungan. 

“Saya sudah titip kepada kepala-kepala sekolah, hakikatnya seluruh pelajar, siswa-siswi di Banjarmasin adalah duta kebersihan kota, siapapun mereka, apapun mereka, mereka duta kebersihan. Saya kira ini yang menjadikan kita yakin dan percaya, bahwa dari dunia pendidikan kita bisa berharap, bahwa para siswa adalah generasi yang sangat peduli dengan lingkungan,” pungkasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Mukhyar, dalam sambutannya berharap, nantinya setiap tahun penerima penghargaan Adiwiyata ini akan terus bertambah. 

“Kami berharap ke depan nanti akan terus bertambah sekolah penerima penghargaan ini. Terima kasih kepada bapak, ibu kepala sekolah yang terpilih sebagai sekolah adiwiyata, karena di masa pandemi Covid-19 ini masih tetap tegar dan gigih untuk bersama-sama menciptakan sekolah adiwiyata,” katanya.

Dari informasi terhimpun, kedua puluh satu sekolah yangmendapatkan penghargaan tersebut antara lain, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Banjarmasin, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Banjarmasin, MTSN 3 Banjarmasin, SD Santa Maria Banjarmasin, SDN Antasan Kecil Timur 1 Banjarmasin, SDN Benua Anyar 10 Banjarmasin, SDN Benua Anyar 2 Banjarmasin, SDN Melayu 6 Banjarmasin, SDN Pasar Lama 6 Banjarmasin, SDN Pemurus Dalam 4 Banjarmasin, SDN Pengambangan 8 Banjarmasin, SDN SN Pemurus Dalam 8 Banjarmasin, SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin, SDN Sungai Jingah 5 Banjarmasin, SDN Surgi Mufti 1 Banjarmasin, SDN Telaga Biru 1 Banjarmasin, SMPN 10 Banjarmasin, SMPN 16 Banjarmasin, SMPN 2 Banjarmasin, SMPN 20 Banjarmasin, dan SMPN 33 Banjarmasin. (arum/adv/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only