HUT Pramuka, Al Fatih Boyong Piala, Wali Kota Banjarmasin: Fatih Memiliki Suara Lantang | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Sabtu, 29 Agustus 2020

HUT Pramuka, Al Fatih Boyong Piala, Wali Kota Banjarmasin: Fatih Memiliki Suara Lantang

BERITABANJARMASIN.COM - Muhammad Al Fatih terlihat sumringah saat piala Lomba Pengucapan Dasa Darma tingkat SD se-Kota Banjarmasin diserahkan ayahnya yang merupakan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina.

Sambil mengucapkan terima kasih, piala tersebut diterima. Fatih dinyatakan masuk dalam kategori juara pertama lomba tersebut setelah tim penilai memberinya angka 735.

Otomatis, dengan nilai tersebut, putra ketiga pasangan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah ini memenangkan perlombaan. “Fatih memang memiliki suara lantang,” ucap H Ibnu Sina, sambil memandang bangga putra kesayangannya itu.

Pemberian penghargaan tersebut merupakan program Kwarcab Kota Banjarmasin yang bertujuan memeriahkan HUT Pramuka ke 59 tahun 2020 dan Harijadi Kota Banjarmasin yang ke 494 tahun 2020.

Sebelum dilaksanakan penyerahan hadiah, terlebih dulu digelar apel secara sederhana di halaman Balai Kota Banjarmasin, dengan pembina apel Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina.

Menurut H Ibnu Sina, tema peringatan Hari Pramuka tahun adalah Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan bela negara.

Tema ini, lanjutnya, menjadi tema utama aktifitas dan kegiatan gerakan pramuka tahun 2020 ini. 

Tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia, bahkan seluruh dunia, ujarnya, saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (purn) Drs Budi Waseso, Sabtu (29/08) 

Lebih lanjut dikatakannya, di Indonesia gerakan Pramuka telah lahir sejak 59 tahun  silam. Sedangkan untuk ditingkat dunia, gerakan kepramukaan sudah aktif lebih dari 110 tahun yang lalu, dan gerakan ini adalah merupakan suatu organisasi pendidikan.  

Nama lengkap organisasi ini adalah gerakan pendidikan  kepanduan  praja  muda karana yang merupakan organisasi pendidikan non formal,  untuk melengkapi pendidikan informal  di lingkungan keluarga dan masyarakat, serta pendidikan formal di  institusi- institusi pendidikan formal. 

“Meskipun gerakan pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak-anak dan remaja, namun  gerakan pramuka tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial,  bakti    masyarakat,  dan pembangunan masyarakat, hal tersebut sejalan  dengan  kode  kehormatan gerakan pramuka, berupa dwi satya, tri satya, dwi dharma dan dasa darma pramuka,” ujarnya. 

Mengingat organisasi kepramukaan Indonesia merupakan organisasi terbesar diantara organisasi kepramukaan di seluruh dunia, maka ia berharap, semua pihak dapat memaksimalkan pembinaannya, sehingga grakan kepramukaan dapat semakin berkembang dan menjadi bagian penting dalam mewujudkan NKRI yang adil dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Selain Fatih, saat itu juga diberikan penghargaan kepada kecamatan yang dinilai baik dalam Pelaksana Gelar Senja Terbaik Tahun 2019-2020 Tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Banjarmasin.

Peringkat pertama (Terbaik I) Kecamatan Banjarmasin Barat dengan nilai 155,9. Terbaik kedua Kecamatan Banjarmasin Tengah 154,6 . Terbaik 3 Kecamatan Banjarmasin Utara dengan nilai 153. Harapan 1 Kecamatan Banjarmasin Timur dengan nilai 152,4, dan  harapan 2 Kecamatan Banjarmasin Selatan dengan nilai 151.

Sedangkan penghargaan lain yang diserahkan dalam kegiatan tersebut antara lain, Lomba Pengucapan Dwi Darma Kategori Putra dan Putri. Lomba Pengucapan Dasa Darma SD kategori Putra dan Putri 

Lomba Pengucapan Dasa Darma SMP kategori Putra dan Putri. Lomba Pengucapan Pancasila SD kategori Putra dan Putri. Lomba Pengucapan Pancasila SMP kategori Putra dan Putri.  Lomba Pengucapan UUD 1945 kategori Putra dan Putri. Lomba Video Kontes Kreatif. Lomba Desain Poster kategori Putra dan Putri dan Lomba Video Tekhnologi Tepat Guna kategori Putra dan Putri. (arum/adv/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only