Bicara di Webinar Nasional, Wali Kota Banjarmasin: Penyandang Disabilitas Harus Diperhatikan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Rabu, 19 Agustus 2020

Bicara di Webinar Nasional, Wali Kota Banjarmasin: Penyandang Disabilitas Harus Diperhatikan

BERITABANJARMASIN.COM - Meskipun saat ini perhatian seluruh masyarakat tertuju pada antisipasi penyebaran Covid-19, namun Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina berpesan agar perhatian kepada masyarakat penyandang disabilitas tidak dilupakan.

Hal ini dikatakannya saat memberikan materi dalam kegiatan webinar (seminar), yang dilaksanakan Unesco dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), melalui jaringan online, Selasa (18/8/2020). 

Menurutnya, tema Melindungi Hak-Hak Penyandang Disabilitas di Masa Pandemi Covid 19 yang diusung dalam kegiatan dengan  peserta Walikota Surakarta Provinsi Jawa Tengah, FX Hadi Rudyatmo. 

Ketua Kelompok Kerja Menuju Kota Inklusif APEKSI / Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat. 

Deputi Pelindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak, Nahar, dan Sentra Advokasi Perempuan Difabel dan Anak (SAPDA), Nurul Sa'adah, sangat pas untuk saling mengingatkan semua pihak agar tidak melupakan dengan para penyandang disabilitas. 

“Kadang-kadang kita lupa memandang dengan kacamata teman disabilitas, seperti saat bagi-bagi masker, saat itu kita hampir lupa dengan teman-teman penyandang disabilitas, karena ternyata masker kain dan masker medis itu tidak mengakses teman-teman penyandang disabilitas tuli,” ujarnya

Untuk itu, dengan adanya kegiatan tersebut iya berharap bisa saling mengingatkan agar tidak lupa dengan kebutuhan yang diperlukan para penyandang disabilitas.

Untuk diketahui, perhatian terhadap para penyandang disabilitas yang ada di kota berjuluk seribu sungai tak hanya dilakukan Pemko Banjarmasin dengan cara menyediakan berbagai fasilitas public yang dapat mereka akses. 

Tetapi juga melibatkan mereka dalam rapat-rapat termasuk pertemuan dalam rangka pengambilan keputusan, satu diantaranya diikutkan dalam kegiatan Musrenbang mulai tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat Kota Banjarmasin.

Komitmen Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina kepada para penyandang disabilitas kota ini adalah memberikan hak yang sama seperti warga kota lainnya. (arum/adv/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only