Dinkes Kalsel Masih Gunakan Pedoman Menkes, Penyebaran Covid-19 Melalui Droplet | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Selasa, 14 Juli 2020

Dinkes Kalsel Masih Gunakan Pedoman Menkes, Penyebaran Covid-19 Melalui Droplet

BERITABANJARMASIN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis pedoman baru tentang penularan Covid-19 melalui udara.

Menanggapi hal tersebut Sekretaris Dinkes Kalsel, Sukamto menyatakan bahwa untuk saat ini Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel masih mengikuti pedoman yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan yakni penyebaran Covid-19 melalui droplet.

"Itu yang kita lakukan, artinya itu sudah dipertanggungjawabkan publik. Jadi kalo yang dikatakan WHO saya kira juga bisa menjadi kehati-hatian kita, tapi selama ini di pedoman masih seperti itu," ucapnya.

Lebih lanjut Sukamto menjelaskan penyebaran Covid-19 melalui udara masih menjadi pertanyaan bahwa dari mana saja dan hanya tempat tertentu yang memiliki udara lembab.

Selain itu, untuk saat ini masih belum ada pakar di Indonesia yang menyampaikan terkait apa yang dikeluarkan WHO. "Itu sepintas dari saya, kalo saya kan menerjemahkan dari secara keseluruhan tenaga kesehatan," ujarnya.

Dikatakannya, terkait penularan Covid-19 melalui udara, protokol kesehatan tetap sama. Hal ini karena masuknya virus melalui saluran pernafasan sehingga penggunaan masker sangat efektif untuk pencegahan.

"Jadi penggunaan masker yang baik itu memang menutupi hidung dan mulut, supaya benar-benar tersaring," pungkasnya. (Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only