Nyaris 100 Persen Bawang Putih di Banjarmasin Berasal dari China | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Rabu, 17 Juni 2020

Nyaris 100 Persen Bawang Putih di Banjarmasin Berasal dari China

BERITABANJARMASIN.COM - Harga bawang putih anjlok hingga mencapai Rp11 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya sempat menembus Rp20 ribu per kilogram di Banjarmasin.

Ini menurut pantauan jurnalis Beritabanjarmasin.com di Pasar Harum Manis Banjarmasin yang merupakan penyuplai bawang putih ke berbagai pasar yang ada di Kalsel.

Salah satu agen penjual bawang, Ridwan Tente mengatakan pada tiga minggu lalu harga komoditas bawang putih masih dikisaran Rp20 ribu, saat ini harganya anjlok menjadi Rp11 ribu per kilogramnya.

"Anjloknya harga bawang putih itu akibat kasus Corona di China. Jadi, China menutup diri tidak mengirim barang keluar, bukan disebabkan minimnya permintaan," ucapnya saat ditemui, Selasa (16/6/2020).

Berdasarkan informasi yang Ia dapat dari Surabaya, stok bawang putih di China banyak dan setelah habis masa Covid-19 pasar perdagangannya kembali dibuka.

"Habis-habisan mereka menjual bawang putih karena stok pada tahun lalu 2019 melimpah, sedangkan pada Juli 2020 nanti akan panen. Jadi, panen 2019 itu dikeluarkan semua di sana, makanya di sini banyak bawang putih," bebernya.

Sementara itu, stok bawang putih yang ada di Pasar Harum Manis 2 Banjarmasin hampir 100 persen semuanya di datangkan dari China. "Semuanya dari China, biasanya bawang putih ini tahan sebulan," ungkapnya.

Selain itu, penyebab anjloknya bawang putih lantaran sempat adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Banjarmasin.
"Langganan kami dari berbagai daerah itu tidak bebas jadinya membeli ke sini, karena adanya pembatasan akses masuk itu," pungkasnya. (Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only