Stok Darah Menipis, Wali Kota Banjarmasin Imbau ASN untuk Donor Darah | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Rabu, 20 Mei 2020

Stok Darah Menipis, Wali Kota Banjarmasin Imbau ASN untuk Donor Darah

BERITABANJARMASIN.COM - Para pendonor darah di Kota Banjarmasin akan mendapatkan stimulus berupa sembako dari hasil program Aparatur Sipil Negara (ASN) peduli di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin yang digalakkan beberapa waktu lalu.

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengaku terharu ketika melihat stok darah yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin hampir tidak ada, oleh karena itu pihaknya sudah mengeluarkan himbauan untuk ASN dan non ASN di lingkungan Pemkot Banjarmasin agar melakukan donor darah. "Hari ini saya melihat langsung di unit darah kota Banjarmasin, tadi terenyuh lah melihat didalam gak ada stok sama sekali untuk darah, hanya ada satu dua begitu," ujar H Ibnu Sina.

Atas dasar itu juga pihaknya turut memberikan stimulus kepada warga yang bersedia mendonorkan darah pada saat stok darah sudah mulai kosong tersebut, H Ibnu Sina pun sempat berdiskusi dengan Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Banjarmasin, dr Aulia Ramadhani Supit soal mendonor darah di masa pandemi Covid-19.

Menurut dr Rama kegiatan donor darah pada pandemi Covid-19 dinyatakan aman karena pihak PMI tetap menggunakan protap yang ditetapkan oleh Pemerintah terkait kewaspadaan dan penanganan wabah virus Corona.

Terlebih saat ini, ketersediaan darah di PMI hanya tersisa tiga kantong darah, sedangkan permintaan darah dari berbagai rumah sakit mencapai 100 kantong perhari. "Apalagi RSUD Ulin memerlukan 50 kantong per hari," ucapnya.

Karena ujarnya lagi, meski dimasa pandemi saat ini banyak pasien lain yang sangat membutuhkan darah perhari seperti pasien pada kanker, maupun pasien yang mengharuskan untuk cuci darah. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only