Penerapan Kota Inklusi di Banjarmasin Kembali Diapresiasi Dunia, di Tengah Isu "New Normal" | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Rabu, 27 Mei 2020

Penerapan Kota Inklusi di Banjarmasin Kembali Diapresiasi Dunia, di Tengah Isu "New Normal"

BERITABANJARMASIN.COM, Banjarmasin - Solusi mobilitas inklusif Kota Banjarmasin disiarkan pada konferensi Internasional yang berisi implementasi program mobilitas inklusif (Transformative Urban Mobility).

Upaya Banjarmasin untuk mengupayakan kemudahan mobilitas penyandang disabilitas diapresiasi para praktisi. 

Pada 26 Mei 2019 lalu Kota Banjarmasin dinobatkan sebagai salah satu kota dunia dengan pengupayaan mobilitas inklusif terbaik dan diumumkan sebagai pemenang Global Urban Mobility Challenge 2019 (Kompetisi Mobilitas Perkotaan Tingkat Dunia). 

Seluruh kolaborator program terus mendorong implementasi program Transformative Urban Mobility (TUMI) di Banjarmasin. Program-program yang tengah berlangsung mencakup pembangunan zona sekolah aman dan inklusif, peningkatan layanan motor roda tiga sebagai solusi mobilitas inklusif untuk pengendara dengan disabilitas. "Kami juga membangun ekosistem kendaraan motor roda tiga sebagai layanan berbayar yang mendatangkan sumber pendapatan tambahan bagi pengendara," kata Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, Selasa (26/5/2020).

Video rangkuman pembelajaran dari program-program Banjarmasin tersebut diluncurkan di ajang internasional bergengsi bertajuk TUMI TV Live Conference, yang ditayangkan online untuk para peserta konferensi virtual yang terdiri dari praktisi perkotaan dari puluhan negara dunia dan masyarakat secara luas. 

Hal ini mendapat apresiasi karena di masa yang akan datang akan semakin banyak warga kota yang memerlukan opsi transportasi yang aman dan terhubung dengan baik. Implementasi program ini di Banjarmasin dianggap sebagai salah satu inspirasi untuk solusi kehidupan “normal yang baru” yang tengah disiapkan oleh kota-kota di dunia.

Implementasi program TUMI merupakan kolaborasi multipihak yang terdiri dari Kota Banjarmasin, termasuk dinas-dinas seperti Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Kepolisian Daerah, serta Yayasan Kota Kita, Kaki Kota Banjarmasin, Difabike Yogyakarta, dan Urban+ Institute Jakarta. 

Program ini juga mendapat dukungan penuh dari Walikl Kota Banjarmasin yang kembali mengapresiasi kerja sama lintas dinas, lintas profesi, dan melibatkan jaringan internasional, lewat sambutannya yang termuat dalam video tersebut  

“Mari kayuh baimbai dengan spirit kolaborasi untuk mewujudkan Kota Banjarmasin yang lebih layak huni dengan tetap mengedepankan kearifan lokal yang ada di Kota Banjarmasin," ujarnya. (arum/adv/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only