Besok Kelulusan SMA/SMK/SLB Diumumkan di Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 01 Mei 2020

Besok Kelulusan SMA/SMK/SLB Diumumkan di Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Pengumuman kelulusan tingkat SMA/SMK/SLB di Kalsel akan diumumkan 2 Mei 2020. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalsel memberikan penjelasan.

Sebagaimana Surat Edaran (SE) Sekretaris Jenderal Kemendikbud RI Nomor 5 Tahun 2020 tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, dan Tata Cara Pengisian Blangko ljazah Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2019/2020 . 

Dengan adanya aturan tentang ijazah tersebut pengumuman kelulusan dimajukan yang sebelumnya direncanakan pada 6 Mei menjadi 2 Mei 2020.

Kelulusan siswa akan ditentukan oleh sekolah masing-masing menyesuaikan dengan standar kelulusan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dengan situasi tanggap darurat di Kalsel maka sekolah dilarang mengadakan acara seremonial (perpisahan) maupun kegiatan lainnya yang  mengumpulkan banyak orang. Sekolah juga diminta melarang anak didiknya turun ke jalan, konvoi untuk merayakan kelulusan.

"Jadi tidak diperkenankan ada pertemuan yang melibatkan banyak orang dalam kelulusan nanti," jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) M Yusuf Effendi.

Pandemi Covid-19 mengakibatkan pelaksanaan UN 2020 terganggu sehingga Mendikbud memutuskan menjadikan nilai rapor sebagai tolak ukur kenaikan kelas. Meskipun begitu, ijazah yang diterima peserta didik dinyatakan sah sebagai bukti kelulusan.

Disamping itu dirinya berharap reposisi pembelajaran siswa dari sekolah ke rumah tetap berjalan efektif di tengah wabah Corona ini. "Perpanjangan libur belajar di sekolah sampai akhir Mei 2020, siswa diharapkan dapat tetap belajar maksimal di rumah," terangnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only