Ikut Cegah Covid-19, Ini Program Muhammadiyah Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 03 April 2020

Ikut Cegah Covid-19, Ini Program Muhammadiyah Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Muhammadiyah Covid-19 Comand Center (MCCC) Kalsel telah menjalankan beberapa program di beberapa daerah di Kalsel.

Setelah Dikeluarkan Surat Keputusan (SK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Selatan Nomor : 04/Kep/Ii.0/D/2020 Tentang : Pembentukan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kalsel. Tertanggal 30 Maret 2020. MCCC Kalsel yang berkedudukan di Banjarmasin.

Berdasarkan SK Tersebut pula menjelaskan MCCC Kalsel mempunyai tugas mengkoordinasikan berbagai program penanggulangan pandemi Virus Corona (Covid-19) yang melibatkan potensi dan jejaring Muhammadiyah di Kalsel.

Untuk Susunan Personalia Sendiri MCCC Kalsel diisi oleh relawan muhammadiyah baik itu yang ada di majelis, lembaga maupun organisasi otonom di tingkat wilayah. 

Ketua MCCC Kalsel, Meldy Muzada Elfa, menyampaikan bahwa setelah  mendapatkan informasi bahwa ditetapkannya MCCC Kalsel pihaknya langsung melakukan koordinasi.

"Saat mendapat informasi dari PWM Kalsel tentang dibentuk dan ditetapkannya susunan personalia MCCC Kalsel,  kami langsung berkoordinasi dan menyusun rencana hingga melaksanakan beberapa program,” ujarnya

Meldy Sapaan Pria Akrab yang juga Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalsel ini menambahkan untuk awal telah melaksanakan beberapa program.

"Di awal ini kami telah melaksanakan program seperti penyemprotan disinfektan, pembagian Handsanitizer, pemberian masker, pemberian nutrisi untuk tenaga medis di IGD rumah sakit hingga Penyerahan APD berupa helm penutup wajah kepada tenaga medis RS Islam Banjarmasin,” tambahnya

Secara khusus juga Meldy mengharapkan semoga kegiatan ini membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penularan corona virus dan menurunkan angka kesakitan di Kalsel.

Ditanya Mengenai rencana strategis kedepan dalam penanganan corona virus di Kalimantan Selatan jika terjadi karantina wilayah maka fokus akan berubah kepada ketahan pangan.

"Jika nanti memang ada karantina wilayah kami telah telah mempersiapkan rencana untuk bersiap mendukung ketahanan pangan terkhusus kepada masyarakat bawah yang terdampak," imbuhnya.

Ketua Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC) Kalimantan yang juga sebagai pengarah MCCC Kalsel, Ginanjar Sutrisno
berpesan bahwa agar terus melaporkan gerakannya baik secara tertulis maupun gambar menarik lainnya.."Karena pergerakan MCCC Kalsel ini sudah cukup banyak maka perlu kiranya agar ada laporan aksi seperti infografis biar terlihat menarik," paparnya.

Ginanjar menambahkan pula untuk divisi nutrisi perlu membantu Suplemen Relawan dilapangan. "Secara khusus saya berharap dalam divisi nutrisi untuk memberikan suplemen kepada relawan ini cukup penting guna menjaga keseharan relawan," tambahnya.

Walaupun program MCCC Kalsel sekarang berfokus di Banjarmasin namun sebelumnya di beberapa daerah seperti Banjar, Banjarbaru, Kotabaru, Hulu Sungai Selatan dan lain-lain Relawan Muhammadiyah juga ikut bergerak melakukan penanganan dan pencegahan corona virus di daerahnya masing-masing. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner