Penulis Ayat-Ayat Cinta Sambangi Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 13 Maret 2020

Penulis Ayat-Ayat Cinta Sambangi Kalsel


BERITABANJARMASIN.COM- Tips agar senang menulis ala Novelis sekaligus pengarang novel roman Indonesia "Ketika Cinta Bertasbih" Habiburrahman El Shirazy, yaitu dengan mencintai.

"Kalo pingin berhasil dalam melakukan apa saja termasuk menulis anda harus suka dan cinta itu, kalo cinta dan suka apapun akan dilakukan untuk yang dia cintai," tutur Habiburrahman kepada Beritabanjarmasin.com, beberapa waktu lalu di Aula Dispersip provinsi Kalsel, Banjarmasin.

Ia membeberkan tips agar mau menulis yaitu dengan menulis apa yang paling dekat dan diketahui diri kita. Seperti halnya pengalaman pribadi yang paling kita sukai.

"Seperti kalo kamu suka cerpen tulis cerpen, kalo suka nulis resep masak tulis saja. Apa pun yang kamu suka dan rata-rata penulis besar itu menulis yang paling dekat dengan dia yang paling dia ketahui dan yang dia suka," bebernya.

Tips berikutnya kita harus mempunyai jadwal kerja sendiri dimana menurutnya seorang penulis itu independent. Hal ini untuk menargetkan kapan selesainya sebuah tulisan tersebut.

Karena menurutnya jika tidak memiliki jadwal kerja tidak akan menentukan waktu yang jelas kapan tulisan tersebut akan selesai dan bahkan bisa bertahun-tahun lamanya tidak akan selesai dan menimbulkan rasa malas.

"Kalo sebuah karya itu selesai kemudian diterbitkan, itu akan menyemangati untuk menulis karya berikutnya selalu begitu," terangnya.

Habiburrahman juga mengatakan jika seseorang bisa menulis surat izin kepada gurunya dan dipahami oleh gurunya maka dia punya kemampuan menulis.

"Jadi jangan ragu kamu bisa menulis yang paling penting keyakinan dan harapan yang paling mahal dalam diri kita. Kalo orang tidak punya keyakinan dan harapan seperti zombie yang berjalan," pungkasnya. (Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only