Jadi "Gerbang" IKN Baru, Sektor Ekonomi Kalsel Diprediksi Meningkat | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 13 Maret 2020

Jadi "Gerbang" IKN Baru, Sektor Ekonomi Kalsel Diprediksi Meningkat

BERITABANJARMASIN.COM - Provinsi Kalsel tengah bersiap menyambut Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kaltim. Kalsel dianggap menjadi salah satu gerbang menuju ke sana dan bisa meningkatkan sektor perekonomian.

Fokus IKN di Kalsel ini telah dibahas pada rapat dengar pendapat (RDP) dengan Bappeda yang diselenggarakan Komisi III DPRD Kalsel.

Ketua Komisi III, Sahrujani mengatakan Kalsel telah bersiap menjadi gerbang Ibukota baru, Kaltim dengan berupaya memperbaiki dan membangun infrastruktur, jalan yang menghubungkan daerah-daerah di Kalsel seperti pembangunan jembatan Pulau Laut yang masuk dalam RPJM nasional. Jalan dari Batulicin ke Penajam sampai kontribusi pemprov membuat jalan lingkar wilayah. "Kita dukung program ini sampai ke arah sana," jelasnya.

Sementara itu, terkait penanganan banjir Komisi III akan fokus pada pasca banjir yang nantinya diharapkan perbaikan infrastrukturnya bisa dianggarkan pada 2021.

Kepala Bappeda Kalsel, Nurul Fajar Desira mengatakan sudah menyampaikan kepada dewan terkait pembangunan infrastruktur menyambut Ibukota yang baru khususnya sebagai penyangga pangan.

Untuk program prioritas kedepan akan fokus pada transformasi ekonomi, bahan mentah ke industri, pariwisata dan pertanian. "Ini sedang digodok, misal 2021 industri apa yang ingin dibangun kita lihat pendukungnya apa saja," ucapnya.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur di Kalsel sudah disampaikan kepada Bappenas pusat. Pemprov Kalsel telah menyampaikan beberapa usulan prioritas berkenaan dengan infrastruktur jalan. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only