Dewan Kalsel Datangi Kementan RI, Bahas Perkebunan Kurang Produktif | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Kamis, 06 Februari 2020

Dewan Kalsel Datangi Kementan RI, Bahas Perkebunan Kurang Produktif

BERITABANJARMASIN.COM - Tanaman karet dan kelapa sawit rakyat yang sudah kurang produktif karena usia tua menjadi kendala di Kalsel.

Dalam rangka berkoordinasi terhadap upaya pembangunan sektor perkebunan, Komisi II DPRD Prov Kalsel serta Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel konsultasi ke Ditjenbun Kementerian Pertanian RI, Selasa (4/2/2020).

Adapun materi studi komparasi konsultasi terkait dengan Program Reflanting Perkebunan Sawit. Disampaikan Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Imam Suprastowo tanaman yang kurang produktif tersebut mencapai usia 30-35 tahun. 

Masyarakat Kalsel berharap ada bantuan pemerintah akan perlunya peremajaan tanaman karet dan sawit rakyat yang mereka miliki. Hal ini sebagaimana aspirasi masyarakat yang diserap dewan. Di sisi lain, menurut Imam maraknya keberadaan benih-benih kelapa sawit yang tidak baik dan tidak sesuai dengan ketentuan (tidak memiliki sertifikasi benih) dikhawatirkan apabila program replanting dilaksanakan akan mengalami kegagalan. "Ini sangat merugikan bagi para pekebun khususnya kebun rakyat," ujarnya. 

Komisi yang juga membidangi perkebunan ini  ingin memberikan gambaran kepada pemerintah pusat terkait kondisi yang saat ini banyak terjadi di Kalsel agar ada langkah-langkah yang antisipatif untuk tidak semakin luas dan menyebabkan kerugian yang semakin besar. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only