Kalsel Sabet Dua Penghargaan di Festival Kontes Durian dan Pameran Buah Eksotik | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Sabtu, 18 Januari 2020

Kalsel Sabet Dua Penghargaan di Festival Kontes Durian dan Pameran Buah Eksotik

BERITABANJARMASIN.COM - Dalam gelaran pesta rakyat kali ini, Kalimantan Selatan menyabet dua penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia atas pencapaian peserta dan buah terbanyak yakni sebanyak 43 ribu buah durian.

"Penilaian ini berdasarkan hitungan jumlahnya, untuk total segini baru pertama kali," ucap General Manager LPID, Visca Mahu kepada Beritabanjarmasin.com, Sabtu (18/1/2020) di Kiram Park Banjarbaru.

Dalam festival ini juga dilaksanakan kontes durian dan pameran buah eksotik khas Kalsel. Dalam penjurian, juara teratas ditempati durian asal Kabupaten Tanah Laut yaitu Si Mangkal sebagai juara 1 dan Si Tangkai Panjang sebagai juara 2, serta juara harapan pertama.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman menambahkan ada 32 jenis durian yang di sajikan dalam festival ini.

Sedangakan untuk peserta yang mengikuti festival ini merupakan pemenang-pemenang di Kabupaten/Kota masing-masing yang kemudian di tandingkan lagi di Provinsi.

"Mereka ini merupakan pemenang yang di kabupaten/kota masing-masing yang merupakan juara satu, dua dan tiga diantaranya dari Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah laut dan Kabupaten lain. Jadi beradu lagi di Provinsi," bebernya.

Selain buah durian buah eksotik yang di pamerkan merupakan buah-buahan langka untuk dikembangkan lagi agar tidak punah.

"Kita minta disetiap APBD dianggarkan, karena buah itu adalah buah yang tidak terkontaminasi dengan pupuk dan obat-obatan," pungkasnya.(Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only