Wartawan Diimbau Tidak Jadi Timses di Pilkada | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Selasa, 31 Desember 2019

Wartawan Diimbau Tidak Jadi Timses di Pilkada


BERITABANJARMASIN.COM - Menjelang pesta demokrasi 2020, PWI  berharap kepada Pers untuk menjaga profesionalisme. Terutama mampu menetralisir epidemi hoaks politik yang melanda masyarakat.

Dalam pandangan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), keberhasilan dan kelancaran penyelenggaraan Pemilu 2019 tak terlepas dari peran pers nasional. 

Dalam rilisnya di Jakarta pada (29 Desember 2019) Media diminta kembali kepada jati dirinya dan tetap menjaga independensi news room dan bekerja secara profesional  dengan melakukan uji informasi melalui konfirmasi, klarifikasi, dan verifikasi. 

Wartawan juga diimbau jangan sampai ikut-ikutan menjadi tim sukses dalam pilkada atau bahkan terjun dalam politik praktis. Hal ini akan sangat mengganggu independensi media dan kepercayaan publik. Pers lokal harus bisa menjaga indepedensi dan profesionalismenya dalam pilkada tahun 2020. Dimana akan diselenggarakan 270 pilkada di seluruh Indonesia.

Selain itu, PWI mengimbau agar perusahaan pers tetap memperhatikan kesejahteraan wartawan. Meskipun secara bisnis hampir sebagian besar revenue industri pers dalam posisi menurun drastis, hak-hak karyawan (wartawan) sebagai pekerja secara normatif harus tetap dipenuhi. 

PWI akan terus meningkatkan profesionalisme wartawan anggotanya dengan pelatihan dan meningkatkan kepatuhan terhadap Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan peraturan perundang-undangan yang terkait, serta pelatihan kompetensi teknis wartawan pada era konvergensi media.   

Dalam rilisnya Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari dan Sekjen Mirza Zulhadi mengucapkan Selamat tahun baru dan semoga 2020 akan lebih baik. (maya/rilis)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only