Bank Sampah Baiman Terima Hibah Aset Pemkot Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Sabtu, 14 Desember 2019

Bank Sampah Baiman Terima Hibah Aset Pemkot Banjarmasin


BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina bersama Direktur Bank Sampah Baiman, Fathurrahman menandatangani naskah perjanjian hibah daerah, di ruang rapat integerasi, Jumat (13/12/2019).

Pada penandatanganan tersebut sejumlah aset milik Pemkot Banjarmasin yang tidak terpakai dihibahkan kepada Bank Sampah Baiman binaan pemkot agar bisa dimanfaatkan.

Kepala Bagian Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin, Subhan Noor Yaumil mengatakan ada aset yang akan dihapuskan melalui jalur lelang, namun pada tahun 2019 sejumlah aset tersebut bukan lagi dilelang, melainkan dihibahkan dengan berbagai macam alasan.

"Pertama hasil lelang tidak sebanding dengan biaya menggelar lelang, akan tetapi kalau yang dihibahkan tidak semua, melainkan barang barang elektronik seperti AC, Komputer, dan lain lain," paparnya. 

Hal senada juga disampaikan Kabid Aset Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin, Devi bahwa ketika dilaksanakn lelang, hasil dari lelang itu tidak sebanding dengan operasional menggelar lelang.

Namun, bukan tanpa alasan, lanjutnya berpedoman dengan Permendagri no 19 tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah yang didalamnya terdapat poin memperbolehkan aset yang bakal dihapus untuk dihibahkan.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengungkapkan secara prinsip kegiatan hibah tersebut sangat beralasan, apalagi dengan pertimbangan jika dilakukan lelang sangat tidak sesuai hasil dengan pengeluaran biaya lelang.

"Lebih baik kita hibahkan ke Bank sampah agar diseleksi kembali, apalagi secara aturan sudah diperbolehkan, secara teknis sudah tidak ada kendala," ujarnya usai menandatangani hibah aset.

Adapun, Direktur Bank Sampah Baiman, Fathurrahman mengaku dalam komponen bank sampah memang sudah disiapkan SDM yang mampu untuk memanfaatkan barang bekas dari aset Pemkot Banjarmasin tersebut. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only