Politisi Muda di Kalsel Harus Punya Modal Sosial | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Rabu, 13 November 2019

Politisi Muda di Kalsel Harus Punya Modal Sosial

BERITABANJARMASIN.COM - Ongkos politik yang mahal dan birokrasi berlapis-lapis disebut sebagai dua hal yang menjadi tantangan bagi anak muda yang ingin maju di pilkada. Keberhasilan mereka dalam kontestasi politik pun akhirnya kerap ditentukan dua hal, yakni pragmatisme atau idealisme.

Pengamat politik dari FISIP Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary (Uniska MAB), DR Uhaib As’ad menanggapi hal tersebut. Menurutnya setiap warga negara memiliki peluang yang sama, hanya saja ada faktor lain yang mempengaruhi keterpilihan seseorang.

Diantaranya kapasitas politik, kapasitas sosial finansial, dan tidak berada pada ruang hampa tetapi pada pusaran kekuatan yang meliputi para calon penguasa daerah tersebut.

Menurutnya banyak variabel yang mempengaruhi terpilihnya seseorang. Seperti kapasitas politik atau modal politik, modal sosial, dan modal dana keuangan. "Semua orang tau demokrasi di Indonesia adalah demokrasi yang mengarah industri dimana sistem kita kebih banyak dibangun modal kekuatan uang finansial," ucapnya saat ditemui Beritabanjarmain.com, Rabu (13/11/2019).

Sehingga nyaris dikalahkan oleh kekuatan finansial. Menurutnya persoalan demokrasi di Indonesia di tengah transisi, hanya orang yang memiliki modal kuat sesungguhnya yang paling memiliki peluang besar ketimbang yang tidak memiliki modal cukup. "Saya tidak ingin mengatakan bahwa uang segalanya," ungkapnya.

Dirinya juga menyebut resource politik modal sosial ini menjadi energi kekuatan utama jika bisa dikelola secara baik. Selain itu, jika bisa membangun jaringan patronasi dengan simpul-simpul sosial dengan kelompok masyarakat dan amunisi seseorang baik itu baru belajar terjun dalam kancah politik maupun yang sudah malang melintang. (fitri/puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only