FEATURE: Alhamdulillah, Rumah Nenek Sabariah Kini Mulai Diperbaiki | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Kamis, 14 November 2019

FEATURE: Alhamdulillah, Rumah Nenek Sabariah Kini Mulai Diperbaiki

SEMPAT ramai menjadi pemberitaan media massa, akhirnya rumah Nenek Sabariah kini mulai diperbaiki. Beberapa waktu lalu, penulis sempat membuat berita mengenai kondisi rumah Sabariah. Kondisinya memang memprihatinkan, kayu-kayu rumah terlihat lapuk.

BANJARMASIN, Laporan wartawan: Arum.

Rumah Sabariah berada di kawasan Jalan Antasan Kecil Timur (AKT). Dari sederet rumah di kawasan itu, rumah Sabariah yang berusia 88 tahun itu memang terlihat paling rapuh. Melihat kondisi ini, dan ramainya pemberitaan di media massa, membuat banyak pihak mulai bergerak membantu. 

Kini pondasi rumah mulai dipancangkan, serta terlihat beberapa bahan bangunan di dekat rumahnya. Senyum sang nenek pun terlihat, ia sangat bersyukur, bantuan yang diberikan kepadanya bisa memperbaiki rumah yang nyaris roboh itu. "Alhamdulillah terimakasih atas bantuan ini," tuturnya kepada penulis, Kamis (14/11/2019).

Bantuan terus bermunculan dari masyarakat dan komunitas melalui penggalangan bantuan di Kelurahan Sungai Miai. Nenek Sabariah mengatakan dirinya tidak menyangka rumahnya akhirnya diperbaiki. 

Kini bantuan terus bermunculan baik berupa bahan bangunan rumah, maupun berupa uang tunai yang diberikan langsung ke Nenek Sabariah.

Sebelumnya, Dinas Sosial Kota Banjarmasin memang tak bisa berbuat banyak membantu nenek Sabariah. Bukannya tak mau membantu. Namun rumah yang nyaris roboh itu ternyata berada di jalur hijau. Berdasarkan aturan, tak boleh ada bangunan permukiman di jalur itu. Begitulah aturan yang ada. 

Kepala Dinas Sosial Banjarmasin, Iwan Ristianto, menyampaikan, pihaknya tidak bisa membantu memperbaiki rumah Sabariah, karena terhalang peraturan yang ada. "Rumahnya berada di jalur hijau, kalau pakai APBD jelas menyalahi aturan," paparnya.

Untuk itu, Iwan berharap masyarakat Banjarmasin bisa memahami, bahwa pihaknya terbentur dengan regulasi yang ada.

Ia berharap ada bantuan dari masyarakat, yang saat ini dilakukan oleh kelurahan setempat, untuk mengumpulkan bantuan sosial pribadi, agar dapat memperbaiki rumah Sabariah untuk layak dihuni. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only