Berikan Edukasi Politik Masyarakat, Kesbangpol Banjarmasin Gandeng Akademisi ULM | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 15 November 2019

Berikan Edukasi Politik Masyarakat, Kesbangpol Banjarmasin Gandeng Akademisi ULM

BERITABANJARMASIN.COM - Memberikan pemahaman politik di kalangan masyarakat, Kesbangpol Banjarmasin gencar sosialisasikan pendidikan politik.

Menggandeng akademisi FISIP ULM Siti Hamidah, Kesbangpol Banjarmasin mengedukasi masyarakat Keluruhan Kuin Selatan dengan mengumpulkan RT RW, serta memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Hamidah mengatakan untuk mencapai politik yang bersih harus dimulai dari kalangan bawah berupa penguatan kelembagaan kemasyarakatan seperti RT, RW dan lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) lainnya yang ada di kawasan setempat.

"Peran (LPM) ini sangat penting untuk pengembangan partisipasi masyarakat agar tercipta demokrasi partisipatif dalam penyelenggaraan pemerintah," jelasnya, Jumat (15/11/2019).

Tidak hanya penyelenggaraan pemerintah, peran LPM juga berdampak pada pengelolaan pembangunan di sebuah daerah, atas dasar itulah ujarnya lagi dalam rekruitmen pengurus lembaga kemasyarakatan harus memenuhi syarat syarat minimal berupa WNI, penduduk setempat, mempunyai kemampuan, kemauan dan kepedulian hingga bersedia dicalonkan menjadi pengurus.

Selain itu, Hamidah juga menerangkan ada dua jenis politik yakni politik kotor meliputi golongan yang menjadikan politik sebagai alat untuk memperoleh kekuasaan, kekayaan dan keuntungan untuk diri sendiri dengan mengorbankan hak masyarakat.

Sedangkan politik bersih adalah suatu rangkaian usaha bagi masyarakat untuk mencapai tujuan bersama dalam rangka menciptakan tatanan kehidupan yang diharapkan. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only