Teknologi Berkembang, Perpustakaan Harus Melek Digital | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Rabu, 11 September 2019

Teknologi Berkembang, Perpustakaan Harus Melek Digital


BERITABANJARMASIN.COM - Kemajuan teknologi di Indonesia membuat sistem harus digital. Salah satunya, perpustakaan termasuk di Kalsel. Hal ini diketahui dengan dilauncingnya sebuah aplikasi iKalsel berbasis digital yang berfungsi mempermudah para generasi muda untuk membaca buku.

Kepala Dispersip Kalsel Hj Nurliani Dardie mengatakan di zaman digitalisasi industri yang membuat internet berkembang pesat, tentunya sebagai perpustakaan harus tanggap dan mengimbangi dan Dispersip Kalsel terus berinovasi.

“Kita memiliki perpustakaan digital yang diresmikan 2018 dengan nama aplikasi iKalsel tersedia di Google PlayStore dan bisa didownload sebagai pelengkap perpustakaan fisik dan berpungsi memudahkan pembaca dan mencari buku yang diinginkan,” ucapnya saat ditemui Beritabanjarmasin.com saat temui di tempat pada Selasa (10/9/2019) .

Oleh karena itu,  kehadiran aplikasi perpustakaan digital iKalsel merupakan upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk mendekatkan layanan perpustakaan kepada masyarakat dan memberikan kemudahan dalam mengakses buku serta informasi yang berkualitas kapan saja dan di mana saja.

“Hadirnya iKalsel sebagai perpustakaan digital sejalan dengan visi dan misi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan dalam upaya meningkatkan kualitas SDM serta mewujudkan masyarakat gemar membaca. Koleksi buku yang ada dalam ePustaka akan terus bertambah sehingga masyarakat memiliki kesempatan untuk mengakses buku lebih banyak,” ujarnya.

Lanjut, Ia mengatakan iKalsel dapat dinikmati secara mudah dan gratis dan tersedia di Google Play, untuk desktop juga bisa masuk di www.ikalsel.id. Fitur-fitur yang tersedia di iKalsel seperti koleksi, ePustaka, Feeds, rak buku dan eReader.

"Jadi, untuk membaca di iKalsel anda bisa download iKalsel di Google Play bagi pengguna handphone atau kunjungi www.ikalsel.id melalui web (pengguna PC)," bebernya

Sementara itu untuk mendaftar menggunakan akun facebook atau email mengikuti saran dan langkah yang diberikan, dalam pengisian data informasi harus lengkap. Setelah mendaftar anda dapat menelusuri beragam judul ebook di fitur koleksi atau bergabung sebagai anggota epustaka dan meminjam buku. Terakhir, lengkapi profil di fitur edit profile dengan menambahkan photo dan nama lengkap serta biografi anda. 

Diketahui jumlah buku di Perpustakaan lebih dari cukup, dan ditahun 2020 kita akan rencanakan penambahan koleksi e-book.(Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only