Haornas di Kalsel Diharapkan Jadi Titik Final Diskusi "Status" e-Sport | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 09 September 2019

Haornas di Kalsel Diharapkan Jadi Titik Final Diskusi "Status" e-Sport

Add caption
BERITABANJARMASIN.COM - Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 di Kalsel diharapkan menjadi titik final forum diskusi grup kajian lintas perspektif e-Sport dalam paradigma keolahragaan Indonesia.  Sebelumnya kajian ini berlangsung di Yogyakarta dan Bekasi dan hasil simposium nantinya akan menentukan status e-Sport sebagai olahraga atau bukan.

Hal ini menyangkut olahraga berbasis elektronik (game) atau biasa e-Sport yang selama ini terus diperdebatkan. Hal itu dikarenakan berangkat dari dunia gaming, ada yang menilai e-Sport tidak memenuhi kategori olahraga.

Kajian ini bertajuk Simposium e-Sport dan Fund Raising yang bertemakan Interpretasi e-Sport dalam Wacana Keolahragaan Nasional. Hal ini disampaikan langsung oleh Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Raden Isnanta pada BeritaBanjarmasin.com Sabtu (7/9/2019) di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin. 

Menurutnya sebagian menilai e-Sport sebagai olahraga merujuk sejumlah elemen yang ada di dalam, misalnya aspek kompetitif. "Jadi kesalah pahaman ini diharapkan segera berakhir pada acara  Simposium e-Sport dan Fund Raising yang bertemakan Interpretasi e-Sport dalam Wacana Keolahragaan Nasional yang merupakan rangkaian Haornas," ujarnya. 

Ia mengharapkan hadir keputusan yang bisa ditindaklanjuti oleh pemerintah. "E-Sport ini barang baru yang berkembangnya luar biasa pesat. Perkembangan teknologi mencipatakan olahraga ini. Aturannya harus segera dibuat. Hasil simposium yang menghadirkan banyak narasumber berbagai elemen akan menjadi masukan buat kami bergerak," paparnya. 

Lanjutnya, e-sport harus mendapat perhatian khusus karena banyak dimainkan oleh anak-anak muda generasi milenial dan di harapkan aspek olahraga dan edukasi bisa berjalan beriiringan dengan perkembangan e-Sport. "Apa pun nanti hasil simposium diharapkan bisa bermanfaat," tuturnya. (fitri/puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only