Evaluasi Implementasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 07 September 2019

Evaluasi Implementasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi


BERITABANJARMASIN.COM- Pemerintah Provinsi Kalsel melakukan Evaluasi Implementasi Sakip dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/kota se-Provinsi Kalimantan Selatan pada Kamis (5/9/2019) di Hotel Golden Tulip Banjarmasin. 

Hal ini dilakukam dalam rangka memonitor tindak lanjut rekomendasi yang telah diberikan oleh tim dari kementerian PAN. 

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, H Abdul Haris Makkie dalam sambutan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengatakan sesuai tujuannya evaluasi ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran kemajuan dan perkembangan pelaksanaan kebijakan reformasi birokrasi (RB) serta sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP). Baik bagi pemerintah provinsi maupun kabupaten kota di Kalsel.

"Jadi, langkah ini penting untuk dilakukan, agar kita memperoleh informasi mengenai hal-hal yang sudah berjalan baik ataupun yang belum dilaksanakan, kemudian kita jadikan acuan perbaikan secara berkelanjutan," ucapnya.

Oleh sebab itu, evaluasi maupun penilaian yang telah dan akan dilakukan harus dijadikan bahan untuk memotret kemajuan pelaksanaan reformasi birokrasi. 

Lanjutnya, kesempatan tersebut akan digunakan untuk  mengevaluasi penerapan sistem akuntabilitas kinerja, yang telah berjalan di Instansi masing-masing.

"Keberhasilan dalam pencapaian program-program pembangunan harus terukur, mulai dari sistem perencanaan, penganggaran, pengukuran, hingga evaluasi kinerja, dengan kata lain, akuntabilitas kinerja pemerintah menjadi kewajiban yang bukan saja harus dipenuhi, namun juga perlu dievaluasi dan dilakukan perbaikan oleh seluruh instansi pemerintah," jelasnya.

Ia berharap dengan pengelolaan sumberdaya dan pelaksanaan kebijakan yang diselenggarakan pemerintah dapat digunakan untuk menunjang kinerja pelayanan publik dan pembangunan yang dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. 

"Semoga dengan evaluasi ini kita dapat memperbaiki penerapan sakip di instansi masing-masing, sehingga kita bisa menunjukkan hasil yang lebih baik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah," tutupnya.

Untuk diketahui kegiatan dihadiri oleh seluruh kepala SKPD Provinsi Kalsel, Kepala Daerah se Kabupaten atau Kota, SKPD se kabupaten atau kota. (Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner