Bagi 4.000 Masker Gratis, ACT Kalsel Komitmen Tangani Dampak Karhutla | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 20 September 2019

Bagi 4.000 Masker Gratis, ACT Kalsel Komitmen Tangani Dampak Karhutla


BANJARBARU – Dikutip dari situs resmi BMKG Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin, seluruh wilayah Kalimantan Selatan telah diselimuti kabut asap pada awal September lalu.

Menyikapi hal tersebut, tim ACT Kalsel telah merespon dengan berbagai aksi, mulai dari aksi pemadaman api, pembagian masker hingga layanan kesehatan.
Sepanjang September saja, tim ACT Kalsel telah membagikan 4.000 masker gratis ke beberapa wilayah yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, Barito Kuala, Tanah Laut, Hulu Sungai Utara, Balangan, dan Tanah Bumbu. Dalam aksinya, ACT Kalsel juga menggandeng beberapa mitra antara lain MRI Kalsel, BPK Emirate, BPK Target, GKPA Kalsel, PMI Balangan, TNI Koramil Lampihong, Dinas Kesehatan Banjarbaru dan Dinas Kesehatan HSU.

Seperti yang terlihat Rabu (18/9) tadi di Lapangan Murjani Banjarbaru, ACT Kalsel hadir bersamaan digelarnya Solat Istisqo oleh Pemko Banjarbaru. Meski berasap, tidak menghalangi warga Kota Banjarbaru untuk berkumpul meminta hujan kepada Sang Khalik. Hingga pukul 7.40 WITA, lapangan tersebut sudah dipenuhi oleh ratusan orang dari berbagai kalangan, mulai dari alim ulama, jajaran pejabat setempat, serta pelajar dan warga sekitar. Solat istisqo berlangsung khidmat yang diimami oleh KH Samsuni, Ketua Pondok Pesantren Al-Falah serta dilanjutkan dengan khutbah yang disampaikan oleh KH Nahpiah Muhja, Ketua MUI Kota Banjarbaru.

Menggandeng Engineer Bites Charity, ACT Kalsel bergerak untuk membagikan masker dan air mineral gratis bagi masyarakat. Jumlah masker yang dibagikan sekitar 800 masker dan 500 botol air mineral. Selain itu, relawan ACT-MRI Kalsel juga membuka layanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang terpapar kabut asap. Muhammad Rais, salah seorang warga Kota Banjarbaru sangat mengapresiasi gerak cepat dari relawan yang siaga memberikan layanan kepada masyarakat. “Alhamdulillah ACT sangat luar biasa. Seperti namanya aksi cepat tanggap, selalu cepat tanggap melayani masyarakat setiap ada bencana selalu menjadi garda terdepan. Semoga langkah-langkah para relawan dibalas oleh Allah SWT,” ucap Rais.

Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani dan Wakil Walikota H Darmawan Jaya Setiawan turut mengapresiasi aksi ACT Kalsel dalam menanggapi bencana yang tengah terjadi. Nadjmi sendiri berharap komunitas yang lain juga dapat berkolaborasi bersama pemerintah daerah, guna menghadapi bencana yang bisa datang kapan saja.

“Pemerintah kota Banjarbaru membuka diri kepada siapapun untuk bersama-sama menangani bencana, baik aksi sosial ataupun sosialiasi kepada masyarakat,” jelas Nadjmi. Hal senada juga disampaikan Darmawan Jaya Setiawan. Beliau mengajak seluruh stakeholder agar bahu-membahu menghadapi bencana kabut asap. “Apa yang dilakukan oleh ACT ini adalah salah satu bentuk membangun kepedulian, kemudian persaudaraan, empati dengan sesama anak bangsa. Sehingga persoalan sebesar apapun, kalau ditangani bersama-sama tentu insyaAllah membawa penyelesaian yang lebih baik,” ujarnya.

Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin yang turun langsung mengawal kegiatan menyampaikan apresiasi terhadap Pemerintah Kota Banjarbaru yang telah berikhtiar maksimal dalam menangani kabut asap. “Kami melihat Pemko Banjarbaru sudah optimal berusaha sehingga perlu juga meminta pada Yang Maha Kuasa agar musibah segera berlalu. ACT siap hadir untuk saling membahu karena menangani bencana adalah tugas kita semua,” ucapnya.
(ACT Kalsel – Sultan Hasan)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only