Banjarmasin Disiapkan Pemerintah Pusat Jadi Kota Metropolitan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 29 Agustus 2019

Banjarmasin Disiapkan Pemerintah Pusat Jadi Kota Metropolitan

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.
BERITABANJARMASIN.COM - Kota di Banjarmasin digadang-gadang bakal dijadikan pemerintah pusah sebagai Kawasan Strategis Nasional (KSN). Kota yang lekat dengan budaya sungai ini akan berkembang menjadi kota metropolitan.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina memaparkan, arah Kota Banjarmasin adalah juga menjadi kota perdagangan dan jasa. Sehingga pembangunan infrastruktur ke arah sana terus diupayakan. Salah satunya dengan rencana pembangunan pelabuhan baru di kawasan Mantuil, Banjarmasin Selatan dengan luas sekitar 400 hektare.

"Banjarmasin sejak dulu merupakan kota yang dikenal sebagai kota perdagangan dan jasa, saat ini pelabuhan terbesar di Kalsel ada di Banjarmasin," ujarnya kepada BeritaBanjarmasin.com.

Orang nomor satu di Kota Baiman itu juga menjelaskan, ditetapkannya Banjarbakula sebagai kawasan strategis yang meliputi Banjarmasin, Barito kuala, Tanah Laut, Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar akan berkembang menjadi kawasan metropolitan yang akan berpegang pada lima aspek.

Adapun lima aspek tersebut adalah aspek transportasi yang harus dibereskan sedemikian rupa, sistem pola air minum, aspek sampah yang sudah tidak lagi berpikir di masing-masing daerah. Namun sudah masuk dalam skala regional, serta diharapkan ke depan sudah ada jalan tol Banjarbakula, serta adanya kereta api.

Ia pun berharap dengan beberapa aspek tersebut, bisa membuat Banjarmasin  terwujud sebagai kota metropolitan. Ditambah lagi jika nanti ada kereta yang menghubungkan trans Kalimantan dengan Banjarmasin sebagai gerbang utama barang dan jasa. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only