Gelora Digadang-gadang Lebarkan Sayap ke Lima Provinsi di Kalimantan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 26 Juli 2019

Gelora Digadang-gadang Lebarkan Sayap ke Lima Provinsi di Kalimantan


BERITABANJARMASIN.COM - Sebanyak 580 peserta se-KalselTeng memeriahkan Gelar Lomba Pramuka Penegak (Gelora) ke-10 yang diadakan oleh UKK Pramuka UIN Antasari Banjarmasin, di halaman Agro Wisata Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Jumat (26/7/2019).

Kegiatan mengusung tema "Membangun Insan Pramuka yang Unggul, Cinta Lingkungan, Berwawasan Ilmiah, Berjiwa Nasionalis untuk Menghadapi Industri 4.0 Berlandaskan Setya dan Dharma Pramuka."

Ketua Pelaksana Gelora, Miftahurrahman Tamami, mengatakan tema yang diusung  sangat relevan dengan kondisi Pramuka saat ini. Sementara ada 29 Sangga dari putra dan putri tiap sekolah, yang masing-masing Sangga terdiri 10 orang dan 4 orang bina damping.

"Ada 13 lomba yang kami adakan untuk Gelora ini. Tiap tahunnya, Gelora berinovasi dalam memunculkan agenda baru seperti Giat Bakti (Penanaman Bibit Pohon) dan lomba berkaitan tentang revolusi industri 4.0 saat ini," ucap Tamami kepada BeritaBanjarmasin.com.

Lomba-lomba itu sebagai bentuk langkah preventif dalam upaya meningkatkan mutu kepramukaan di Kalsel. Dia mengakui, tingkat partisipasi kini mengalami penurunan. Tamami berharap Gelora dapat melebarkan sayapnya ke lima provinsi agar dapat melaksanakan acara se-Kalimantan dan didukung oleh pusat.

Dia berpesan kepada seluruh penegak yang hadir, selama empat hari ke depan untuk saling bekerjasama antara peserta dan panitia Gelora. "Acara ini agar terwujudnya visi dari Gelora tersebut dan membangkitkan lagi kepramukaan bahwa penegak dapat sebagai contoh di masyarakat," ujarnya.

Senada dengan Tamami, selaku Ketua Racana UKK Pramuka UIN Antasari Ahmad Hidayat juga berkeinginan sama terkait peningkatkan Gelora ke taraf nasional. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only