Ustadz Taslim: Tiga Syarat Ini Harus Dipenuhi Jika Ingin Jadi Pemimpin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 21 Juni 2019

Ustadz Taslim: Tiga Syarat Ini Harus Dipenuhi Jika Ingin Jadi Pemimpin


BERITABANJARMASIN.COM - Sebuah kumpulan orang memerlukan seorang pemimpin, baik itu keluarga, masyarakat, organisasi, lembaga dan lainnya agar tercipta sebuah keteraturan dan berada dalam komando yang sama.

Pemimpin yang baik akan membuat orang yang di sekitarnya menjadi terayomi sebaliknya pemimpin yang buruk akan memunculkan kondisi yang tidak menyenangkan.

Pemimpin dalam Kamus Bahasa Indonesia adalah orang yang memimpin, asal katanya adalah pimpin artinya (dalam keadaan) dibimbing; dituntun. Sedangkan kepemimpinan maknanya adalah perihal pemimpin; cara memimpin.

Dai muda Banjarmasin, Ustadz Muhammad Taslimurrahman mengungkapkan bahwa Rasullullah banyak berpesan kepada umatnya tentang pentingnya kepemimpinan serta keutamaannya oleh karena itu sudah sepantasnya bagi umat Islam agar selalu memperhatikan permasalahan ini seperti hadis yang berbunyi:

 عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَلَا كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ فَالْأَمِيرُ الَّذِي عَلَى النَّاسِ رَاعٍ عَلَيْهِمْ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ عَلَى بَيْتِ بَعْلِهَا وَوَلَدِهِ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْهُمْ وَالْعَبْدُ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُ فَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ

Ibn Umar berkata : Saya telah mendengar Rasulullah saw bersabda, setiap orang adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannnya. Seorang kepala negara akan diminta pertanggungjawaban perihal rakyat yang dipimpinnya. Seorang suami akan ditanya perihal keluarga yang dipimpinnya. Seorang istri yang memelihara rumah tangga suaminya akan ditanya perihal tanggung jawab dan tugasnya. Bahkan seorang pembantu/pekerja rumah tangga yang bertugas memelihara barang milik majikannya juga akan ditanya dari hal yang dipimpinnya. Dan kamu sekalian pemimpin dan akan ditanya (diminta pertanggunganjawaban) dari hal-hal yang dipimpinnya. (HR Bukhari-Muslim)

Menurutnya ada tiga hal agar menjadi pemimpin yang mantap yang harus dilakukan seperti, meluruskan niat, memantapkan mental, dan memiliki mimpi (visi) yang tinggi. "Semoga kita semua bisa menjadi pemimpin yang bertanggungjawab terhadap tugas," tutup Kepala MTs Arrahmatul Abadiyah ini. (puji/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only