Mantap, Banjarmasin Juara Satu Aplikasi Lapor se-Kalsel Sementara | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 13 Juni 2019

Mantap, Banjarmasin Juara Satu Aplikasi Lapor se-Kalsel Sementara


BERITABANJARMASIN.COM - Ombudsman RI Perwakilan Kalsel bersama 11 mahasiswa ULM datang berkunjung melihat langsung pengelolaan aplikasi Lapor, di Balai Kota Banjarmasin, Kamis (13/6/2019).

Menurut Kepala Keasistenan Bidang Pencegahan Ombudsman RI, Kalsel Maulana Achmadi menjelaskan, pihaknya selalu memantau aplikasi Lapor yang dimilikki 13 kabupaten/kota di Kalsel.
Maulana juga mengatakan bahwa aplikasi Lapor yang dimiliki Banjarmasin merupakan aplikasi Lapor dengan nilai tertinggi se-Kalsel.

Menurutnya, setiap pengaduan yang masuk pada aplikasi langsung mendapatkan respon dari leading sector atau SKPD terkait sesuai laporan yang diterima.

"Nilai rating sembilan untuk aplikasi Lapor Banjarmasin, dan masih memimpin rating tertinggi nilai pengaduannya," ucapnya kepada beritabanjarmasin.com usai berkunjung ke Banjarmasin Command Center.

Selain itu, dikatakannya lagi alangkah baiknya jika setiap pengaduan yang diterima dan ditindaklanjuti oleh SKPD bersangkutan, untuk bisa diberikan penilaian, agar lebih memotivasi para SKPD dalam menanggapi pengaduan yang diterima dari masyarakat.

Kendati demikian, dengan adanya aplikasi Lapor terhitung sejak tahun 2017 sampai 2018 laporan pengaduan masyarakat yang diterima menurun secara signifikan hingga 80 persen. "Lebih membantu pekerjaan Ombudsman dalam menyelesaikan setiap pengaduan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kassubag Aplikasi Lapor Novree Gita masukan yang diberikan Ombudsman menurutnya sangat bagus. Tercatat sejak Januari hingga Juni 2019 ada 361 pengaduan, dan hampir 100 persen sudah ditindaklanjuti oleh SKPD terkait. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only