Palmer Keen, Etnomusikolog dari Amerika Bakal Kunjungi Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Sabtu, 11 Mei 2019

Palmer Keen, Etnomusikolog dari Amerika Bakal Kunjungi Banjarmasin


BERITABANJARMASIN.COM - Yayasan Palatar bakal mengadakan study club dengan mendatangkan seorang etnomusikolog asal California, Amerika Serikat, Palmer Keen, Jumat (17/5/2019) mendatang.

Untuk informasi, Palmer sendiri melalui program Aural Archipelago-nya berkeliling nusantara melakukan kerja riset etnomusikologi terhadap musik nusantara. Dan kali ini ia berkesempatan mengunjungi Kalimantan Selatan.

Yayasan Palatar  membuka ruang study club yaitu sebuah ruang belajar yang berkonsep openg sharing dan workshop dengan mempertemukan orang yang memiliki keahlian di bidang ilmu tertentu dengan peserta study club.

Berdasarkan rilis yang diterima BeritaBanjarmasin.com panitia sengaja membatasi ruang dan jumlah peserta  waktu agar transfer ilmu bisa berjalan dengan kondusif.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Gedung Wargasari, Taman Budaya Kalimantan Selatan mulai dari pukul 16.00 WITA hingga menjelang berbuka puasa.

Palmer menyebut Indonesia adalah negara dengan kekayaan musik yang sangat beragam. Hingga ia tertarik untuk melakukan perjalanan riset musik tradisional Indonesia. Musik tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun dipertahankan sebagai sarana hiburan.

Selain fungsinya untuk berbagai kepentingan masyarakat musik tradisi perlu dikaji secara ilmiah menurut ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk mengetahui ilmu dibalik pertunjukan dan perwujudan kesenian. Begitu pula yang dilakukan oleh Palmer Keen selama ini. Sudah lebih dari 100 musik nusantara yang telah didokumentasikannya. 

Melihat, mendengar dan mencatat (merekam) merupakan upaya para etnomusikolog memposisikan musik tradisi yang masih hanya dinikmati oleh masyarakat pemiliknya saja bisa diketahui dan diminati oleh masyarakat yang lebih luas. Beberapa pekan lalu Palmer telah mengunjungi daerah-daerah di Kalimantan Selatan Tabalong (Upau), Balangan (Kapul/Halong), Hulu Sungai Selatan (Loksado dan Malinau), dan Hulu Sungai Tengah (Barikin).

Kemudian di akhir kunjungannya Palmer Keen akan mengunjungi Banjarmasin dan membagikan pengalaman tentang ruang kerja dan risetnya terhadap musik tradisional Indonesia dalam ruang study club Yayasan Palatar. Kegiatan ini turut difasilitasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan. (puji/rilis/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only