Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jumat | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 31 Mei 2019

Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jumat


BERITABANJARMASIN.COM - Surah Al-Kahfi merupakan salah satu nama surah yang berkaitan dengan cerita umat yang beriman adalah Al-Kahfi, Kahfi artinya adalah gua, yaitu gua yang dijadikan tempat persembunyian beberapa orang pemuda yang ingin menyelamatkan iman mereka dari pemimpin yang zalim, namun ternyata mereka tertidur di gua ini kurang lebih 309 tahun lamanya.

Ustadz Muhammad Taslimurrahman juga menambahkan bahwa surah Al-Kahfi sebenarnya banyak memuat kisah lain selain para penghuni gua yaitu cerita Nabi Musa bersama Khaidir, lalu ada cerita Iskandar Zulkarnain, cerita-cerita ini tentu memiliki pesan moral yang bermacam-macam dan Umat Islam harus bisa menangkap apa saja hikmah dari semua kisah tersebut sehingga Allah abadikan di dalam Al-Quran.

Surah Al-Kahfi sendiri memilki keistimewaan tersendiri sebagaimana sabda Nabi:
مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR. Hakim:6169, Baihaqi:635). Lalu di hadis lain juga disebutkan:
مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ
“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah.”  (HR. ad-Darimi:3470)

Selain itu juga surah Al-Kahfi ini memiliki kelebihan bisa menangkal Dajjal sebagaimana yang dituturkan oleh Rasulullah:
مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ
“Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal.” (HR. Muslim no. 809)
Dalam riwayat lain disebutkan, “Dari akhir surat Al-Kahfi.”

"Itulah beberapa serba serbi surah Al-Kahfi yang di sunnahkan membacanya saat hari Jumat atau malam Jumat, sedangkan Kamis sore masih belum memasuki malam Jumat karena pergantian hari menurut kalender Hijriah adalah saat tenggelam matahari," ucapnya. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only