Barakallah, 50 Pasangan Ini Nikah Massal di Kawasan Masjid Sabilal | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 04 Mei 2019

Barakallah, 50 Pasangan Ini Nikah Massal di Kawasan Masjid Sabilal


BERITABANJARMASIN.COM - Sebanyak lima puluh pasangan dinikahkan massal di area Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu (4/5/2019). Nikah massal pertama kali diadakan di Kalsel ini digagas oleh Baznas, Kemenag dan Pemprov Kalsel.

Kelimapuluh pasangan ini terdiri dari perwakilan tigas belas kabupaten/kota yang ada di Kalsel. Gusti Effendi AR, Ketua Baznaz Kalsel mengungkapkan antusias masyarakat sangat besar terkait kegiatan nikah massal, terbukti dengan banyaknya pasangan yang mendaftar untuk dinikahkan secara gratis dan dihadiri orang nomor satu di Kalsel, yakni Sahbrin Noor.

Dirinya juga berujar kegiatan tersebut dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan membantu warga yang kurang mampu dan demi  kemakmuran masjid.

Hal senada juga diungkapkan oleh Nor Fahmi, Kepala Kemenag Kalsel yang menuturkan dalam sambutannya kegiatan ini dimaksudkan untuk mengurangi angka pernikahan dini di Kalsel yang cukup tinggi selain itu upaya pemerintah membantu masyarakat yang kurang mampu  agar bisa diupacarakan seperti masyarakat pada umumnya.

Tak hanya itu, menurutnya kelimapuluh pasangan hanya bermodal diri dan persyaratan berkas saja. Basnaz dan Kemenag telah menyiapkan segala atribut pernikahan dari baju pernikahan, sandal dan sepatu, mahar seperangkat alat sholat dan uang mahar sebesar satu juta rupiah. "Kita menyiapkan mahar, pelaminan demi menurunkan angka pernikahan dini di Kalsel," paparnya.

Dirinya juga berharap kegiatan ini tersebut dapat menjadi kegiatan rutin tiap tahunnya. Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor berujar ikut bahagia seperti yang dirasakan dan mengucapkan selamat untuk para pengantin. "Tentu saja ini mengembirakan, mudah-mudahan menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warahmah," tutupnya. (puji/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only