Operasi Senyap, Bawaslu Kalsel Awasi Geliat Politik Uang | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 14 April 2019

Operasi Senyap, Bawaslu Kalsel Awasi Geliat Politik Uang

Erna Kasypiah, Bawaslu Kalsel
BERITABANJARMASIN.COM - Komisioner Bawaslu Kalsel, Erna Kasypiah mengingatkan, pihaknya akan berpatroli terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi untuk meminimalisir politik uang.

Hal ini disampaikannya langsung kepada awak media yang hadir di Kantor Bawaslu Kalsel. "Ini untuk mencegah politik uang, kita bakal patroli berkeliling," tegasnya.

Ia juga mewanti-wanti, untuk pemberitaan dan iklan media tak boleh lagi ada pada masa tenang yang dimulai hari ini (14/4/2019). "Dalam UU Nomor 7/2017 pemberitaan pelaksanaan kampanye termasuk yang dilarang dalam masa tenang juga pemberitaan peserta pemilu," ungkapnya.

Bawaslu, lanjutnya, dalam pengawasan di medsos tidak bisa secara maksimal. Sehingga masyarakat umum yang menemukan pelanggaran diharapkan menyampaikan dan  menginformasikan.

Larangan pada masa tenang tersebut seperti penyampaian ajakan, meminta, dan memilih. Dan selama masuk dalam indikasi kategori  kampanye itu tidak boleh dilakukan.

Menurut Erna, informasi masyarakat sangat membantu tercapainya pemilu yang jurdil dengan cara memberikan informasi awal, langsung atau tidak langsung.

Informasi awal dengan memberikan bukti foto atau dengan menghubungi kontak Bawaslu, dengan begitu Bawaslu terdekat akan langsung turun untuk menindaklanjuti. "Untuk masyarakat yang menyampaikan informasi awal akan kami rahasiakan tapi jika dalam bentuk laporan tentunya tidak dalam bentuk rahasia lagi," ujar Erna. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner