Pemkot Banjarmasin Sukses! Warga Antusias Tukarkan Sampah Plastik dengan Tumbler | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 03 Februari 2019

Pemkot Banjarmasin Sukses! Warga Antusias Tukarkan Sampah Plastik dengan Tumbler

RAMAI - Warga Banjarmasin Dukung Gerakan 1.000 Tumbler

BERITABANJARMASIN.COM - Gerakan 1.000 tumbler (botol minum sendiri) yang dilaksanakan Pemkot Banjarmasin pagi (3/2/2019) ini direspon antusias oleh warga Banjarmasin. Sejak pukul 6.30 WITA Siring Patung Bekantan sudah ramai. 1.200 tumbler pun ludes ditukarkan.

Maklum saja, warga hanya cukup membawa 10 sampah botol plastik atau 25 sampah gelas plastik minuman ringan untuk mendapatkan satu tumbler baru. Ini dilakukan sebagai kampanye mengurangi sampah plastik di kota seribu sungai.

Setelah menyerahkan sampah botol maupun gelas plastik, warga akan mendapatkan kupon. Selanjutnya kupon itu bisa ditukarkan dengan satu tumbler gratis di Siring Menara Pandang di Jalan Piere Tendean.

Menurut pantauan jurnalis BeritaBanjarmasin.com, pagi ini, acara berjalan lancar meskipun ramai didatangi warga. Warga pun tampak senang. Seperti dituturkan Hasanah. Dirinya mengaku sejak pukul enam pagi sudah berada di Siring Patung Bekantan untuk bisa mendapatkan tumbler baru untuk dipakai anaknya di sekolah. "Buat anak, bisa dipakai di sekolah. Sejak jam enam pagi kami di sini," katanya.

Sambil menenteng tumbler baru, ia terlihat senang. Ia berharap kegiatan tersebut bisa membantu masyarakat agar bisa hidup sehat. "Terima kasih Pak Wali Kota," ujarnya saat diwawancara.

Seperti diketahui, Gerakan 1000 Tumbler bertujuan mendukung pengurangan sampah plastik di Banjarmasin dan  Peraturan Wali Kota Nomor 18/2016 tentang Larangan Penggunaan Kantong Plastik.

Dengan adanya Perwali Nomor 18 tahun 2016 tentang Larangan Penggunaan Plastik di pasar modern dan mini market itu, jumlah pengurangan kantong plastik di Kota Banjarmasin mencapai 51.295.445 lembar per bulan. Keberadaan 14 TPST milik Pemkot Banjarmasin juga membantu mengurangi sampah hingga sekira 4.045 ton per bulan. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only