Gaji Naik, Apresiasi untuk Pahlawan Kebersihan Banjarmasin Bergulat dengan 17.880 Ton Sampah Tiap Bulan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 16 Januari 2019

Gaji Naik, Apresiasi untuk Pahlawan Kebersihan Banjarmasin Bergulat dengan 17.880 Ton Sampah Tiap Bulan

Kegembiraan double dirasakan tim petugas kebersihan di Kota Banjarmasin. Selain gembira karena capaian Adipura, gaji mereka juga naik hingga 50 persen.
BERITABANJARMASIN.COM - Mereka patut mendapatkannya. Atas jerih payah bergulat saban hari bersama aroma tak sedap dan berkotor-kotor memungut sampah.
Empat kali meraih Adipura Kategori Kota Besar, membuat jajaran Pemkot Banjarmasin bersyukur. Bentuk syukur tersebut dituangkan pula dalam penghargaan kepada para petugas kebersihan. Mulai bulan ini, gaji sang pahlawan kebersihan dinaikkan. Dari semula hanya satu juta rupiah, naik menjadi satu juta lima ratus ribu rupiah.

Ucapan terima kasih saja tentulah masih belum cukup. Apalagi satuan petugas kebersihan ini senantiasa selalu memberikan dedikasinya setiap hari. "Ini bentuk apresiasi untuk 1.300 pahlawan kebersihan kita, akan jerih payahnya menjadikan Banjarmasin Baiman, barasih wan nyaman," ungkap Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, Selasa (15/1/2019).
Mantan wakil rakyat di DPRD Kalsel dua periode itu pun sangat berharap bantuan dan dukungan terus masyarakat Banjarmasin, agar lebih meningkatkan lagi kesadaran menjaga kebersihan lingkungan. "Mari bersama kita lebih menjaga kebersihan kota yang kita cintai ini agar tahun berikutnya Adipura tetap terus ada di Banjarmasin," imbaunya.

Perjuangan "pahlawan kebersihan" ini bukan perkara mudah. 1.300 orang ini harus berhadapan dengan 596 ton sampah setiap harinya. Jumlah ini adalah akumulasi sampah dari 126 tempat pembuangan sampah (TPS) dan beberapa TPS3R di Kota Baiman.

Dalam sehari, sampah yang dihasilkan sebanyak 596 ton. Timbunan ini merupakan hasil dari 126 TPS dan 11 TPS3R di Banjarmasin. Dalam sebulan petugas kebersihan harus bersusah payah memungut sampah hingga 17.880 ton. Apakah anda bisa membayangkannya? Belum lagi di musim penghujan, berat sampah dan baunya akan meningkat karena terkena air. (arum/sip) 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner