Catat! 1-6 Januari, Kalsel Masuk Wilayah Berpotensi Angin Kencang | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 03 Januari 2019

Catat! 1-6 Januari, Kalsel Masuk Wilayah Berpotensi Angin Kencang

BERITABANJARMASIN.COM - Indonesia dalam kondisi siaga, BMKG memprediksi beberapa wilayah di Indonesia bakal terdampak angin kencang. Salah satu wilayah yang masuk dalam diprediksi itu adalah empat dari pulau Kalimantan.



Hanya Kalimantan Utara yang tidak masuk dalam wilayah terdampak angin kencang ini.
Berdasarkan pantauan BeritaBanjarmasin.com di situs web resmi bmkg.go.id menganalisis kondisi atmosfer terkini, pada jam 07.00 WIB tanggal 31 Desember 2018, teridentifikasi adanya peningkatan tekanan udara di dataran Asia.


Selain itu terpantau juga bibit siklon di sebelah utara Indonesia yakni 97W tepatnya di Laut China Selatan. BMKG juga mengidentifikasi adanya bibit siklon tropis 95P di Teluk Carpentaria Australia (sebelah selatan Papua) dan 96S di samudera Hindia (sebelah selatan Jawa).


Dari ketiga bibit siklon yang ada di sekitar Indonesia, bibit siklon 95P yang berada di Teluk Carpentaria yang memiliki kecepatan angin maksimum 25 knots di pusatnya dan bibit siklon 97W yang berada di Laut China Selatan dengan kecepatan angin maksimum 20 knots di pusatnya, keduanya berpotensi tinggi menjadi siklon tropis.


Kondisi ini menyebabkan pergerakan massa udara dari Asia yang bergerak menuju Indonesia mengalami penguatan, sehingga berdampak pula pada potensi peningkatan kecepatan angin, ketinggian gelombang laut, dan potensi hujan lebat di beberapa wilayah di Indonesia.


Wilayah yang diprakirakan akan terdampak angin kencang antara lain Riau, Kep. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur bagian utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Maluku.


Untuk itu, masyarakat diminta selalu meningkatkan kewaspadaan dan diminta untuk tidak bepergian ke pantai dan tempat berpotensi adanya angin kencang.


Maria Ulfa warga Banjarmasin Utara, menuturkan ketakutannya jika ada bencana. "Bumi sudah tua, banyak berdoa dan ibadah ditingkatkan minta perlindungan," paparnya kepada BeritaBanjarmasin.com, Kamis (3/12/2019). (puji/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only