Salut! UPT Kanwil Kemenkumham Kalsel Raih Penghargaan dari Presiden RI | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 06 Desember 2018

Salut! UPT Kanwil Kemenkumham Kalsel Raih Penghargaan dari Presiden RI

BERITABANJARMASIN.COM - Komitmen Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalsel dalam mewujudkan pelayanan publik berbasis HAM pada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) bukan hanya isapan jempol semata.



Hal tersebut dibuktikan pada dua UPT dilingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel seperti di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin dan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Martapura berhasil meraih penghargaan atas pelayanan publik berbasis HAM oleh Presiden Republik Indonesia, 10 Desember 2018 nanti, yang akan diserahkan langsung bertepatan dengan Hari HAM Sedunia ke-70.


Penyerahan pengharagaan pelayanan publik berbasis HAM itu bersamaan dengan penyerahan penghargaan Kriteria Kota peduli HAM (KKP) yang diraih oleh 13 kabupaten/kota di Kalsel, hal ini merupakan sebuah prestasi tersendiri. "Hanya Kalsel yang seluruh kabupaten/kota meraih penghargaan KKP diantara provinsi lainnya di Pulau Kalimantan," papar Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Kalsel Rosita Aperawati, Kamis (06/12/2018) kepada BeritaBanjarmasin.com.


Senada dengannya, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Subianta Mandala menyampaikan, pada tahun lalu hanya 11 kabupaten/kota memperoleh penghargaan peduli HAM, sekarang ada peningkatan menjadi 12 Kabupaten/Kota yang peduli HAM dan satu kabupaten memperoleh penghargaan kategori cukup. "Kita berharap tahun berikutnya bisa semua kabupaten/kota di Kalsel mendapatkan penghargaan," katanya dengan nada optimis.


Sementara itu, Kepala Divisi Imigrasi, Dodi KH Atmaja mengapresiasi salah satu Unit Pelaksana Teknis yang juga turut memperoleh penghargaan dari Presiden. "Kami sangat bangga atas kinerja Kepala kantor imigrasi dan seluruh pegawai yang berkomitmen untuk melakukan pelayanan publik berbasis HAM antara lain dengan menyiapkan sarana dan prasarana guna melayani masyarakat disabilitas," ungkapnya.


Selan itu, capaian kabupaten/kota peduli HAM untuk mewakili Kalimantan hanya Kalimantan Selatan yang terdaftar dari 17 pemerintah provinsi se-Indonesia, sebagaimana surat dari Dirjen HAM Pusat tentang pemberitahuan awal untuk menghadiri peringatan hari HAM sedunia ke-70 kepada 17 Gubernur se-Indonesia. (ayo/sip) 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner