Begini Beberapa Keistimewaan Nabi Muhammad saw | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 09 Desember 2018

Begini Beberapa Keistimewaan Nabi Muhammad saw

Nabi Muhammad adalah nabi yang menjadi panutan umat muslim. Namun, apakah Anda mengetahui beberapa keistimewaan beliau?

Dai muda Banjarmasin Ustadz Muhammad Taslimurrahman, Lc dalam tulisannya 'Siapakah Nabi Muhammad' memaparkan sejarah singkat Nabi Muhammad tersebut.

Merujuk Al-Ibar Bi Ba’di Mukjizati Khairil Basyar dan Qashidah Burdah bahwa Nabi Muhammad dilahirkan di tahun Gajah dengan keadaan yatim. Beliau memiliki kehidupan yang keras ketika kecil. Namun semua itu menempa beliau sehingga menjadi

محد سيد الكونين والثقلين

والفريقين من عرب ومن عجم                               

Muhammad pemimpin dunia akhirat, manusia dan jin. Serta dua golongan, bangsa Arab maupun bangsa ajam (non Arab). Rasulullah hadir ke dunia untuk memberbaiki akhlak. Karena itu sosok beliau merupakan suri teladan yang luar biasa. Selain itu juga beliau memiliki beberapa keistimewaan seperti beberapa riwayat berikut:                                               

جاءت أم سليم وهي أم أنس إلى رسول الله  فقالت :" يا رسول الله  هذا أنس أتيتك به يخدمك فادع الله له، قال : اللهم أكثر ماله وولده (رواه مسلم)

Ummu Sulaim ibu dari Anas datang kepada Rasulullah dan berkata: “Wahai Rasulullah ini Anas, aku bawakan kepadamu untuk mengabdi, maka mohon doakanlah”. Lalu beliau pun berdoa “Ya Allah berikanlah dia dengan banyak harta dan anak (HR. Muslim)

عن عمرو بن ميمون  قال: أحرق المشركون عمار بن ياسر بالنار، فكان رسول الله يمر به ويمر يده على رأسه فيقول: يانار كوني بردا و سلاما على عمار كما كنت على إبراهيم، تقتله الفئة الباغية

Dari Amr bin Maimun berkata: Kaum musyrikin membakar Ammar bin Yasir dengan api dan saat itu Rasulullah sedang lewat lalu menengadahkan tangan di depan wajahnya seraya berkata: “ Wahai api jadilah dingin dan berilah keselamatan atas Ammar sebagaimana terjadi kepada Nabi Ibrahim”. Dan yang akan membunuh Ammar nanti adalah kelompok pemberontak.

عن عبد الحميد بن جعفر عن أبيه : أن خالد بن الوليد فقد قلسوة له يوم اليرموك، فقال : اطلبوها، فلم يجدوها، ثم طلبوها فوجدوها، فإذا قلنسوة خلقة، فقال خالد : اعتمر رسول اللهr فحلق رأسه، فابتدر الناس جوانب شعره، فسبقتهم إلى ناصيته، فجعلتها في هذه القلنسوة، فلم أشهد قتالا وهي معي إلا رزقت النصر(الحاكم، الطبراني، البيهقي، أبو يعلى)

Dari Abdul Hamid bin Ja’far dari ayahnya: Bahwasanya Khalid bin Walid kehilangan pecinya pada saat perang Yarmuk, dan beliau pun berkata: “Carilah! Maka para pasukan tidak menemukannya, lalu mereka terus mencari sampai mendapatkannya. Dan ternyata peci itu sudah usang lalu Khalid berkata: “ Rasulullah umrah lalu menggundul rambutnya, maka orang-orang berebut untuk mendapatkan rambut tersebut dan aku mendahului mereka. Dan kujadikan rambut Nabir itu di peci ku ini. Sehingga ketika aku terjun ke medan jihad selalu diberikan kemenangan (HR. Al-Hakim, At-Thabrani, Al-Baihaki, Abu Ya’la).

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner