Passing Grade Terlalu Tinggi? Dosen Muda FKIP ULM Angkat Bicara | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Minggu, 18 November 2018

Passing Grade Terlalu Tinggi? Dosen Muda FKIP ULM Angkat Bicara

BANJARMASIN, BBCOM - Tingginya Passing Grade yang dipatok pemerintah bagi para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) agar lulus dalam tahapan SKD memang menjadi momok.



Terbukti dengan sedikitnya pelamar yang berhasil lulus dalam SKD ini. Terkait hal ini, kemudian muncul pertanyaan siapakah yang salah. Apakah passing grade yang memang terlalu tinggi ataukah minimnya kualitas sarjana yang ada di Indonesia sehingga tak berhasil lolos.


Fenomena ini memantik respon dari kalangan masyarakat. Salah satunya respon ditunjukkan oleh salah satu Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat, Reza Pahlevi yang mengungkapkan bahwa dalam proses pelaksanaan tes CAT yang dilakukan BKN, soal dibuat oleh Kemendikbud dan Asosiasi Perguruan Tinggi Indonesia.


Yang menjadi permasalahan kemudian mengapa begitu banyak pelamar CPNS yang tidak lulus? Menurutnya, terdapat dua kemungkinan yang mendasar. Melihat para pelamar banyak gugur di soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP).


Pertama, Soal TKP merupakan tipe soal yang tak memiliki jawaban salah dan dirancang agar peserta memilih jawaban yang memiliki poin paling tinggi. "Sehingga jawaban yang tersedia pun hampir sama atau sejenis, sehingga banyak peserta yg terkecoh," ujarnya kepada BeritaBanjarmasin.com, Minggu (18/11/2018).


Lanjutnya, faktor kemungkinan kedua karena soal-soal  TKP tersebut rata-rata memiliki soal yang panjang dan pilihan jawaban yang panjang sehingga pelamar yang mengikuti tes banyak tidak cukup waktu untuk mengerjakan soal yang lain. Mengenai passing grade yang dinilai terlalu tinggi oleh sebagian kalangan menurutnya itu tidak menjadi masalah, karena itu adalah sesuatu yang wajar. "Dalam hal ini saya kira wajar pemerintah menginginkan orang-orang terbaik untuk mengisi setiap post formasi. Salah satu caranya menggunakan alat ukur berupa passing grade itu," pungkasnya. (puji/sip)  

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
Banner iklan disini