Mahasiswa ULM Beri Edukasi Petani Durian Desa Bi'ih | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Sabtu, 17 November 2018

Mahasiswa ULM Beri Edukasi Petani Durian Desa Bi'ih

MARTAPURA, BBCOM - Himpunan Mahasiswa Agronomi Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Bi’ih Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, baru-baru ini.



Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian yang termasuk dalam butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh mahasiswa dan dosen.


Desa Bi'ih memang terkenal sebagai kampung durian di Kalsel, setelah tahun kemarin dilaksanakan Kontes Durian di kampung tersebut.


Di desa ini sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani durian, kegiatan  PPL (Penyuluh Pertanian Lapang) ini bertujuan meminta bantuan kepada Pogram Studi Agronomi untuk memberi materi perbanyakan tanaman durian kepada pelaku usaha tani di desa itu.


Selain itu, kegiatan ini mengedukasi masyarakat untuk dibimbing menanam komoditas yang memiliki harga jual yang tinggi sehingga antara biaya produksi dan hasil memiliki laba dalam kegiatan usaha yang dilakukan.


 
Abdul Malik, Kepala Desa Bi'ih menyampaikan kegiatan ini merupakan permintaan dari petani.  "Saya cuma memfasilitasi serta mendukung kebutuhan warga," tuturnya kepada BeritaBanjarmasin.com, Jumat (16/11/2018).


Kepala Program Studi Agronomi Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Bapak Dr Joko Purnomo, menyatakan kegiatan ini tidak hanya sampai di sini saja tetapi ada tindak lanjut. "Semoga lain kesempatan ada program desa binaan Program Studi Agronomi," tambahnya.


Giyarto Nugroho, Ketua Himpunan Mahasiswa Agronomi ikut ambil peran dalam kegiatan ini, menurutnya kegiatan seperti ini juga akan menyiapkan kepada mahasiswa (i) agronomi dalam mengembangkan kemampuan serta keahlian yang telah didapat di perguruan tinggi untuk diaplikasikan di masyarakat. "Semoga kegiatan ini membantu warga khususnya pelaku usaha tani mengatasi masalah yang ada," ujarnya. (puji/sip) 

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
Banner iklan disini