PKK Banjarmasin Raih Penghargaan Menu Kreatif Nasional | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Kamis, 18 Oktober 2018

PKK Banjarmasin Raih Penghargaan Menu Kreatif Nasional

TP PKK Kota Banjarmasin berhasil mendapatkan penghargaan Kreasi Menu Aplikatif, dari Badan Ketahanan Pangan Nasional/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM - TP PKK Kota Banjarmasin kembali mengukir prestasi. Dalam Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman Berbasis Sumber Daya Lokal Tahun 2018, TP PKK yang diketuai Hj Siti Wasilah berhasil mendapatkan penghargaan Kreasi Menu Aplikatif, dari Badan Ketahanan Pangan Nasional, Rabu (17/10/2018).

Kegiatan tingkat nasional yang diikuti 34 provinsi dan dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kalsel itu, dalam rangka memeriahkan Hari Pangan Sedunia.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Nasional, Dr Ir Hendriadi M Eng mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut agar para anggota PKK dapat menyajikan menu yang beragam dan bergizi seimbang berkaitan dengan pemenuhan-pemenuhan gizi masyarakat. “Kegiatan ini kita lombakan setiap tahun dan di tahun 2018 ini lombanya memang agak sedikit berbeda karena, saya meminta kepada panitia yang dinilai aspek komersialnya, sehingga kegiatan  Cipta Menu ini yang dihasilkan adalah menu yang bisa kita komersialkan, artinya tidak berhenti di lomba dan pameran saja,” ujarnya.

Urusan masak memasak itu, terangnya kembali memang bukan urusan Badan Ketahanan Pangan.

Kendati demikian kegiatan tersebut diharapkan para pesertanya bisa menciptakan menu yang dapat dikomersialkan.

Makanya, dalam lomba saat itu ada satu poin pembagian hadiah khusus untuk penilaian aspek komersial. “Nanti tahun depan yang juara 1 harus aspek komersialnya paling tinggi, karena akan meningkatkan ekonomi masyarakat dan juga akan mendorong ibu-ibu untuk berkreasi lebih baik lagi,” jelasnya.

Selain menambah aspek komersial, dalam Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman Berbasis Sumber Daya Lokal Tahun 2019 nanti, ia juga berharap, bobot menu yang ditampilkan semakin baik. “Saya sudah melihat sekarang ada menu-menu lokal yang dikemas bagus bentuknya apik kemudian sudah di ekspor, kalau masak memasak sudah ada bagiannya yaitu ibu-ibu anggota PKK tapi yang kita harapkan dari Lomba Cipta Menu ini adalah yang mampu memberikan pendapatan dan mampu meningkatkan konsumsi pangan yang lebih beragam dan bergizi seimbang,” pungkasnya. (arum/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only