Intrusi Air Laut, Warga Banjarmasin Bersiaplah, PDAM Kurangi Distribusi | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Rabu, 03 Oktober 2018

Intrusi Air Laut, Warga Banjarmasin Bersiaplah, PDAM Kurangi Distribusi

Yudha Achmadi direktur utama PDAM Bandarmasih/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM - Distribusi air bersih di Kota Banjarmasin sepekan terakhir mengalami gangguan. Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyampaikan memang ada pengurangan distribusi air dikarenakan intrusi air laut di pipa intake Sungai Bilu, Rabu (3/10/2018).

"Kita akui ada siklus tiga tahunan, intrusi air laut. Sehingga pipa intake di Sungai Bilu dihentikan total," ujar Ibnu kepada wartawan BeritaBanjarmasin.com.

Ia mengimbau warga Banjarmasin agar bijak menggunakan air bersih, seperlunya dan tidak berlebihan. Diharapkan pula warga punya tempat penyimpanan air bersih.

Direktur Utama PDAM Bandarmasih, Yudha Achmadi menanggapi hal ini menerangkan, sejak 30 September kadar garam sudah di atas ambang batas. Yaitu di atas angka 250 mg/liter. "Hari ini 1750 mg/liter, jadi ini sudah di atas ambang batas dan untuk intake Sungai Bilu sudah lima hari ini tidak bisa produksi air bersih," ucap Yudha.

Ilustrasi sungai di Banjarmasin/beritabanjarmasin.com
Yudha menambahkan untuk produksi air bersih PDAM A Yani tetap dilakukan, dengan mengandalkan satu pipa intake dari Sungai Tabuk, karena kadar garam di Sungai Tabuk masih dalam tahap aman. Ia menegaskan tetap mengusahakan yang terbaik untuk warga, dengan tetap memproduksi air bersih meski hanya dari satu sumber, yaitu intake Sungai Tabuk. "Kami memohon maaf," ujarnya. (arum/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only