Mantap! Pemkot Banjarmasin "Sulap" Pasar Jadi Ruang Budaya | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Minggu, 16 September 2018

Mantap! Pemkot Banjarmasin "Sulap" Pasar Jadi Ruang Budaya

Pemutaran film pendek di Theater Cempaka, Banjarmasin/beritabanjarmasin.com

BANJARMASIN, BBCOM - Lama tak terdengar kabarnya, Theater Cempaka yang terletak di Jalan Niaga Banjarmasin tepatnya di kawasan Pasar Cempaka Banjarmasin, akhirnya "bangun" dari tidur panjangnya.

Gedung bioskop yang sangat populer di era 1980 hingga 1990-an ini, sengaja dihidupkan sementara oleh Pemkot Banjarmasin untuk menyemarakkan rangkaian Hari Jadi ke 492 Kota Banjarmasin.

Bersama Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, ratusan warga terlihat asyik nonton bareng (nonbar) film yang diputarkan di dalam gedung tersebut. Mereka pun seolah dibawa kembali bernostalgia ke tahun 80 an. Menurut H Ibnu Sina, pemutaran film di eks bioskop cempaka itu merupakan rangkaian kegiatan peringatan Harjad ke-492 Kota Banjarmasin.

Pasar Cempaka, katanya, dahulunya adalah sebuah pasar yang apa adanya, pasar tersebut kemudian disulap menjadi ruang budaya, sehingga seolah-olah setiap sudut Kota Banjarmasin khususnya disetiap sudut Pasar Blauran, Pasar Niaga, Pasar Cempaka dan sekitarnya menjadi ruang yang hidup. “Ini adalah kado terindah untuk Harjad Kota Banjarmasin,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya, Sabtu (15/9/2018) malam.

Sebelum pemutaran film tersebut, pagi harinya, Disperindag Kota Banjarmasin juga menggelar kegiatan theatrikal di kawasan Jalan Niaga Banjarmasin. Saat itu beragam atraksi dipertontonkan sebagai hiburan bagi masyarakat kota.

Sambutan dalam pemutaran film pendek oleh Wali Kota Banjarmasin/beritabanjarmasin.com
Kegiatan itu merupakan rangkaian Festival Pasar Rakyat Banjarmasin Tahun 2018. Dalam kegiatan bertemakan Bakunjangan ka Pasar, Indahnya Pasar, Ramainya Pertunjukan itu, dihadirkan beberapa rangkaiannya seperti Pasar Monolog, Ariel’s Work in Progres, Work Shop Video Pendek, dan Pemutaran Film di eks Theater Cempaka. “Tahun ini saya sudah menginstruksikan agar perayaan Harjad bukan sekedar perayaan pemerintahan. Karena juga hari jadi untuk warga Banjarmasin,” kata Wali Kota Banjarmasin. (arum/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only