KPU Kalsel Gelar Bimtek Laporan Dana Kampanye Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Kamis, 13 September 2018

KPU Kalsel Gelar Bimtek Laporan Dana Kampanye Kalsel

Bimtek tentang Laporan Dana Kampamye partai politik oleh KPU Kalsel/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM - Seluruh partai politik di Kalsel mengikuti bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kalsel di Hotel G-Sign Banjarmasin, Kamis (13/9/2018).

Bimbingan Teknis tersebut menjelaskan tentang pelaporan dana kampanye dan penggunaan aplikasi pelaporan dana kampanye pemilu 2019 yang langsung disampaikan oleh Ketua KPU Kalsel.

Berlangsung selama tiga jam bimbingan teknis tersebut dibagi menjadi dua ruangan, lavender untuk penyuluhan kepada calon DPRD dan ruang edelweiss digelar untuk calon DPD.

Ketua KPU Kalsel, Edy Ariansyah mengatakan bimtek ini sebagai upaya mengingatkan dan sebagai langkah pembinaan untuk masing-masing parpol agar melaporkan dana kampanye.

"Pelaporan dana kampanye tersebut meliputi asal mula pendapatan anggaran dananya, kemudian digunakan untuk apa dana tersebut harus jelas dan singkron berdasar tiga prinsip dari KPU yaitu legalitas, akuntabilitas dan transparan," ujar Edy.

Edy menjelaskan pelaporan dana kampanye tersebut harus dari RKDK yang dapat dilakukan melalui aplikasi resmi berbasis WEB yang diterbitkan oleh KPU dengan target batas hari akhir pelaporan sampai tanggal 23 september 2018.

"Yang wajib dibuat oleh peserta pemilu adalah RKDK, berbeda dengan rekening partai politik agar sekiranya dalam pelaporan nanti jelas dan transparan tidak tercampur dengan dana apapun," papar dia.

KPU Kalsel juga merilis tim konsultasi untuk partai politik yang akan menyediakan daftar hadir konsultasi, kemudian laporan konsultasi dan solusi bersama dari proses konsultasi tersebut.

"Kita membuat Help Desk nantinya suatu tim konsultan dari KPU yang bisa diajak oleh partai politik untuk berkonsultasi dalam masalah apapun, sehingga tercipta suatu kondisi yang aman dan damai dalam pemilu mendatang," tandasnya. (arum/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only