Festival Pasar Rakyat Bakunjang ka Pasar Dimeriahkan Permainan Tradisional | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Minggu, 16 September 2018

Festival Pasar Rakyat Bakunjang ka Pasar Dimeriahkan Permainan Tradisional

H Ibnu Sina, Wali Kota Banjarmasin dan Permainan tradisional Bagasing/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM - Kegiatan bertemakan "Bakunjang ka Pasar, Indahnya Pasar" dirangkai dengan beberapa kegiatan seperti Pasar Monolog, Ariel’s Work in Progres, Work Shop Video Pendek, Pemutaran Film di eks Theater Cempaka, Sabtu (15/9/2018).

Pada kegiatan yang dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin itu, diharapkan bisa menjadi ruang budaya dan kreativitas masyarakat.

Hal tersebut disampaikan langsung Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina yang berterimakasih, sehingga perayaan Hari Jadi Kota Banjarmasin turut dimeriahkan dengan diselenggarakannya acara itu.

H Ibnu Sina bersama Komunitas Gowes kota Banjarmasin/beritabanjarmasin.com
Selain itu, di hari yang sama dengan waktu yang berbeda, H Ibnu Sina juga membuka kegiatan Lomba Olahraga dan Permainan Tradisional Tingkat SD dan SMP se-Kota Banjarmasin, di kawasan Taman Kamboja, Banjarmasin.

Kegiatan yang diikuti ratusan siswa dan siswi tersebut menyajikan beragam permainan dan olahraga tradisional, diantaranya, bakiak, gasing, asinan, balogo, enggrang dan tarik tambang.

kompetisi olahraga tersebut bertujuan agar anak-anak di kota ini mengetahui permainan dan lomba-lomba tradisional yang pernah ada di Bumi Kayuh Baimbai. “Jangan sampai anak-anak kita hanya tau game online atau permainan olahraga di gadget saja, sementara mereka tidak tau apa itu bakiak, bagasing, enggrang, balogo, asinan, tarik tabang dan sebagainya, jangan sampai itu terjadi,” urai Ibnu.

Wali Kota Banjarmasin membuka perlombaan bakiak/beritabanjarmasin.com
Ia juga berharap melalui kegiatan ini dapat memperkenalkan dan melestarikan olahraga dan permainan tradisional beserta kearifan lokal Kota Banjarmasin dan budaya Banjar. Orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbay itu bersama Komunitas Gowes Kota Banjarmasin, melaksanakan kegiatan bersepeda pagi rutin dilakukannya dengan tujuan untuk bertemu dengan masyarakat. Sekaligus kampanyekan kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah di sungai. (arum/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only