Tarian Pasukan Bala Bangkuli Rajankg Kalbar Menyita Perhatian | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Minggu, 12 Agustus 2018

Tarian Pasukan Bala Bangkuli Rajankg Kalbar Menyita Perhatian

Pertunjukan tari saat pembukaan Festival Budaya Borneo 2/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM - Pembukaan Festival Budaya Borneo 2, Sabtu (11/08/2018) begitu meriah. Berbagai seni dan budaya Kalimantan berbaur menjadi satu. 

Pada prosesi pembukaan kegiatan ini juga banyak menampilkan tarian khas dari penjuru Kalimantan. Seperti tarian yang ditampilkan oleh Kalimantan Barat yang begitu mempesona, yaitu tarian dari Pasukan Bala Bangkuli Rajankg.

Diceritakan dalam tarian ini beberapa panglima yang melakukan persiapan melawan penjajah tempo dulu. Tarian ini menggunakan senjata tajam seperti mandau. 

Didi, anggota Panglima Bala Seribu mengungkapkan bahwa mereka akan melestarikan warisan dan adat istiadat yang diturunkan oleh leluhurnya. "Saya sebagai cucu merasa wajib melestarikan ini," paparnya kepada BeritaBanjarmasin.com.

Sebagai informasi ada tiga panglima yang turun dalam tarian yang dibawakan kali ini yaitu Philip sebagai Panglima Nek Barani, Didi sebagai Panglima Bala Saribu, dan Yulianus sebagai Panglima Baradak. Dalam tarian ini juga terdapat pasukan prajurit yang dinamakan prajurit anak samang.

Didi menambahkan para anak cucu sangat mencintai dan akan tetap melestarikan tarian ini. "Tentu, sampai saat ini dan akan datang harus tetap kita lestarikan," pungkasnya. (puji/arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only