Buang Sampah Sembarangan di Banjarmasin Selatan, Foto Pelaku Bakal Dipajang | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Rabu, 29 Agustus 2018

Buang Sampah Sembarangan di Banjarmasin Selatan, Foto Pelaku Bakal Dipajang


Suasana pemkot saat  menegur warga yang membuang sampah sembarang/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM - Berbagai macam cara dilakulan Pemkot Banjarmasin membangun kesadaran warga menjaga kebersihan. Seperti yang dilakukan Camat Banjarmasin Selatan ini, memberikan sanksi sosial bagi warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

Dengan mengubah pola pikir masyarakat yang terbiasa membuang sampah sembarangan dan kapan saja, Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Kecamatan Banjarmasin Selatan berharap akan terbangun kedisiplinan dan rasa malu untuk membuang sampah di luar waktunya dan tempatnya. 

"Sosialisasi sudah kita lakukan hampir setiap hari. Bahkan setiap Jumat kita bersama satgas kebersihan rutin melakukan gotong royong bersih-bersih. Jadi apa yang mau kita tunggu lagi," kata Camat Bansel H Yusrin melalui Sekcam Satriawan R., S.STP, M.Eng.

Sanksi sosial untuk yang membuang sampah sembarangan/beritabanjarmasin.com
Satriawan juga mengaku akan mengatur lebih lanjut tentang pelaksanaan dan pemberian sanksi terhadap warga yang buang sampah sembarangan. Untuk warga yang tidak mampu membayar denda, kemungkinan akan dikenakan sanksi dalam bentuk yang berbeda seperti sanksi sosial.

"Untuk sanksi sosial ini kami dari kecamatan bersama satgas kebersihan telah menindak salah satu warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan," tuturnya kepada BeritaBanjarmasin.com, Rabu (29/8/2018).

Warga yang kedapatan membuang sampah sembarang itu berinisial F warga Jalan Kelayan A, Banjarmasin Selatan. Lantaran gerah dengan sikap para warganya yang membandel membuang sampah sembarangan, Camat Bansel pun memberikan sanksi tegas berupa sanksi sosial.

"Foto warga tersebut akan kita pajang di sekitaran jembatan, hal ini supaya jadi pembelajaran bagi warga lainnya agar tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan. Terutama di aliran sungai yang menjadi prioritas Pemkot Banjarmasin," tegas Satriawan.

Selain itu, tambah Satriawan, pihaknya akan melakukan sosialisasi tentang kebersihan melalui mobil dengan pengeras suara yang akan berkeliling memberikan himbauan kepada warga Banjarmasin Selatan.

Dasar kebijakan ini kata dia, berangkat dari niat untuk melibatkan semua warga sebagai petugas kebersihan di wilayahnya. "Harus ada rasa memiliki kalau soal kebersihan ini. Tidak ada toleransi lagi setelah sosialisasi nanti," lanjutnya. (edoz/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only