Salut, ULM Buka Jalur Kuliah untuk Anak Berkebutuhan Khusus | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Sabtu, 30 Juni 2018

Salut, ULM Buka Jalur Kuliah untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Ilustrasi disabilitas dapat masuk kuliah/beritabanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM - Pendidikan penting dirasakan bagi semua anak di Indonesia, tak terkecuali anak penyandang disabilitas. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia nomor 4 tahun 2017 tentang Perlindungan Khusus bagi Anak Penyandnag Disabilitas dan regulasi khusus, Undang-Undang nomor 8 tahun 2016 yang menyatakan, anak penyandang disabilitas mempunyai hak yang sama untuk mengenyam dunia pendidikan sampai tingkat perkuliahan. 

Mendukung peraturan pemerintah ini, Universitas Lambung Mangkurat secara terbuka membuka jalur masuk kuliah mandiri untuk penyandang disabilitas. Melalui Unit Layanan Disabilitas yang ada di kampus ULM, para calon mahasiswa berkubutuhan khusus diharap melapor terlebih dahulu ke unit tersebut.

Unit Layanan Disabilitas berfungsi untuk mengarahkan antara minat dan potensi yang dimiliki anak tersebut kemudian menghubungkannya dengan prodi yang diminati siswa. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Layanan Unit Disabilitas Universitas Lambung Mangkurat, Utomo. "Jadi Unit Disabilitas ini berfungsi untuk mengarahkan. Kita tes antara prodi yang diminati dengan potensi diri yang dia miliki. Tentunya terkait prodi yang dipilih kita serahkan kepada siswanya. Namun, sebelum daftar kita beri arahan dulu," ungkapnya kepada beritabanjarmasin.com, pada Jumat (29/06).

Di Kalimantan, Universitas yang membuka jalur kuliah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) hanya Universitas Lambung Mangkurat. Tahun 2017, sebanyak 10 orang mendaftar kuliah. 8 diantaranya mendaftar di Prodi Pendidikan Luar Biasa FKIP ULM.

Terkait pengajaran ketika perkuliahan, Utomo menjelaskan bahwa dosen atau pengajar harus dapat memodifikasi kurikulum. "Ya saya rasa, dosen atau pengajar ketika ada anak berkubutuhan khusus kuliah harus ada semacam modifikasi kurikulum agar ABK dapat mengikuti proses belajar mengajar," tambahnya.

Wakil Rektor I Universitas Lambung Mangkurat bidang Akademik, Prof. Alim menyatakan, kesiapan ULM untuk menampung calon mahasiswa berkebutuhan khusus. "Memang dari tahun 2017 kita sudah membuka jalur mandiri untuk ABK. ULM dalam hal ini harus siap menampung karena sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan," tuturnya. (puji/ayo)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only