PT. Agri Bumi Sentosa Ajak Masyarakat Batola Cegah Karhutla | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 11 Juni 2018

PT. Agri Bumi Sentosa Ajak Masyarakat Batola Cegah Karhutla

Saat demonstrasi antisipasi karhutla oleh PT ABS/beritabanjarmasin.com
MARABAHAN, BBCOM - Indonesia dikenal dengan dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Kedua musim ini memiliki dampak positif dan negatif, apalagi saat musim kemarau. Bencana alam seperti kebakaran menjadi momok bagi perkebunan kelapa sawit. Oleh karenanya  perlu dilakukan antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

PT. Agri Bumi Sentosa anak Perusahaan PT. Jaya Agra Wattie Tbk. bersama masyarakat sekitar dan instansi terkait ikut serta dalam demonstrasi antisipasi karhutla di kabupaten Barito Kuala. Turut hadir Polsek Wanaraya, Polsek Barambai, Danramil Rantau Badauh, Danramil Belawang, Badan Penanggulangan Kebakaran Kecamatan Barambai, Kades Dwipasari dan Karya Tani.

Pada Kesempatan Itu General Manager (GM) PT. Jaya Agra Wattie Tbk. Ferdy Jerry Waduy berpesan, tim penanggulangan kebakaran harus menjaga semua peralatan kebakaran dalam keadaan baik dan siap pakai, dan jangan merokok didalam kebun karena sisa puntung rokok yang masih menyala dapat memicu kebakaran.

"Saya juga menghimbau agar masyarakat sekitar kebun tidak melakukan pembakaran bila melakukan pembukaan lahan pertanian. Bila hal tersebut dirasa perlu maka diharapkan agar melakukan koordinasi kepada pihak keamanan maupun aparat desa dan mendapatkan ijin," tutur Ferdy kepada beritabanjarmasin.com.

Senada dengan itu, Legal PT ABS Dedy Koco Susilo berharap agar masyarakat yang berdekatan dengan areal perkebunan bisa bahu membahu mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Barito Kuala. “Ingat, ancaman bagi para pelaku yang terbukti bersalah melakukan pembakaran hutan dan lahan adalah minimal lima tahun. Kami juga akan terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian, Koramil dan BPK setempat untuk memastikan keamanan,” ucapnya.

Danramil Rantau Badauh- Barambai Kapten Muhtadi juga berharap agar perusahaan proaktif untuk menggelar latihan penanggulangan, sehingga petugas dan karyawan sudah sigap dan siap ketika musibah kebakaran terjadi di lapangan. (arum/puji/ayo)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner